Senin, Juni 24, 2024

Putin Puji Iran Serang Israel, Ini Alasannya

Baca Juga

mimbarumum.co.id – Presiden Rusia Vladimir Putin menyanjung Iran setelah Teheran melancarkan serangan udara ke Israel pada akhir pekan lalu.

Putin melontarkan pujian tersebut saat bertelepon dengan Presiden Iran Ebrahim Raisi pada Selasa (16/4).

“Presiden Rusia Vladimir Putin mengapresiasi tanggapan Iran terhadap serangan Zionis ke gedung konsulat di Damaskus [Suriah],” demikian laporan media pemerintah Iran, IRNA.

Menurut Putin, serangan udara Teheran merupakan langkah terbaik untuk menghukum agresor serta langkah yang menunjukkan “kebijaksanaan dan rasionalitas pemimpin Iran.”

Putin meyakini serangan itu terjadi sebagai dampak dari ketidakbecusan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) dalam memberikan tanggapan tegas terhadap agresi Israel di Jalur Gaza Palestina.

Dalam perbincangan itu, Putin mengkritik sikap Amerika Serikat dan negara-negara Barat dalam menanggapi eskalasi konflik di Timur Tengah belakangan. Ia kemudian menekankan bahwa “Republik Islam Iran merupakan salah satu pilar utama dalam stabilitas dan keamanan di kawasan.”

Raisi dalam kesempatan itu mengapresiasi dukungan Rusia yang memandang pertahanan diri Teheran sebagai tindakan yang sah.

Raisi berujar serangan pasukan Israel ke konsulat jenderal Iran di Damaskus melanggar hukum internasional termasuk Konvensi Wina.

Konvensi Wina 1961 adalah perjanjian yang mengatur perlindungan diplomatik dan kekebalan diplomatik serta hal-hal yang berkaitan dengan hubungan diplomatik suatu negara.

“Itu ancaman serius terhadap perdamaian dunia,” ungkap Raisi.

Raisi juga mengatakan serangan balik Iran sesuai dengan Pasal 51 Piagam PBB sebagai tindakan pertahanan diri.

Raisi lantas menekankan setiap tindakan lebih lanjut yang bertentangan dengan kepentingan Iran akan direspons lebih kuat dan dalam skala yang lebih besar.

Iran melancarkan serangan langsung ke Israel pada Sabtu malam menggunakan ratusan proyektil yang diluncurkan dari berbagai perbatasan negara proksinya.

Israel berhasil mencegat nyaris seluruh drone dan rudal berkat Iron Dome-nya serta bantuan dari Amerika Serikat, Inggris, Prancis, hingga Yordania.

Setelah serangan, Negeri Zionis mengadu ke DK PBB untuk menjatuhkan lebih banyak sanksi ke Iran. Israel juga menegaskan bakal membalas Iran.

Sumber : CNNIndonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Warga Tidak Menyoal Dolly Pasaribu Mencalon Lewat Jalur Manapun di Pilkada Tapsel 2024

mimbarumum.co.id - Rasa simpati warga masyarakat Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) agar Dolly Pasaribu untuk kembali mencalon kepala daerah di...

Baca Artikel lainya