Rabu, Juni 7, 2023

Universitas Pelita Harapan Bekali Pelaku Usaha Pariwisata di Samosir

mimbarumum.co.id – Sebagai penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi sesuai Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, pelaku wisata di Samosir mendapatkan pembekalan kepariwisataan.

Universitas Pelita Harapan Kawaraci, Tangerang melakukan pengabdian masyarakat, dengan membekali pelaku wisata dari 3 Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Selasa (21/3/2023) di Galeri Kampung Ulos, Huta Raja, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Dengan menghadirkan 3 dosen dalam kerangka pengabdian masyarakat, yakni Sandra Maleachi, S.Pd,MA membawakan materi “Pelatihan Percakapan Bahasa Inggris dalam Hospitaliti”, Juliana, SE,MM Fakultas Parwisata dan Rosianna Sianipar, SST.Par,MM.

- Advertisement -

Dalam penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi, universitas ini telah melakukan program Penelitian dan Pengembangan di Siantar, Sumatera Utara.

Selanjutnya memilih Kabupaten Samosir dalam program Pengabdian Kepada Masyarakat, Samosir mendapat kesempatan dengan pembekalan dan edukasi kepariwisataan.

Sandra Maleachi memaparkan, sebagai daerah tujuan wisata, pelaku wisata di Kabupaten Samosir harus dibekali dengan Bahasa Inggris yang memadai.

- Advertisement -

Selanjutnya, dia membekali para pelaku wisata sebagai peserta dengan modul Greetings, Introduction, Parting dan Thank You (ucapan ucapan terimakasih).

Peserta semakin kaya dengan pembekalan Bahasa Inggris oleh Sandra Maleachi dengan materi lainnya yakni, Excuses anda Apology dengan teknik menyapa tamu handling complaint.

Kemudian, Rosianna Sianipar SST.Par, MM membawakan materi Standart Operating Procedure (SOP) Housekeeping di Hotel, yang dipandang perlu menopang perkembangan sektor kepariwisataan di Kabupaten Samosir.

Kepada para peserta dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), secara riinci mengabarkan SOP Housekeeping di Hotel dengan tanya jawab yang hidup.

Tiga Pokdarwis yang hadir sebagai peserta, menyampaikan apresiasi positif atas pengabdian Universitas Pelita Harapan mengabdi di Kabupaten Samosir.

“Kita berterimakasih kepada Universitas Pelita Harapan, yang memilih mengabdi di daerah ini,” sebut Ketua Pokdarwis Wisata Bagot Parlondut Jekiman Sitanggang kepada mimbarumum.co.id, seusai kegiatan.

Ia menambahkan, program yang diusung para dosen dari Universitas Pelita Harapan itu, sangat bermanfaat bagi pelaku usaha untuk membekali sumber daya pelaku kepariwisataan di Samosir.

“Kita juga berharap, perguruan tinggi yang lainnya memiliki Kabupaten Samosir yang sedang giatgiatnya dalam program kepariwisataan,” bebernya.

Reporter: Robin Nainggolan

 

Artikel Lainnya

1 KOMENTAR

  1. Mantaappp….semakin maju…..semakin jaya ….beritanya semakin diminati masyarakatπŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terbaru