Tanaman Paling Mematikan di Dunia Ada di Indonesia

mimbarumum.co.id – Maluku yang eksotis tidak hanya mempunyai rempah-rempah. Di sana, juga ada spesies tanaman paling berbahaya di dunia!

Namanya adalah Gympie-gympie, nama latinnya Dendrocnide moroides. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Gympie-gympie bukanlah pohon biasa.

Dijuluki sebagai pohon menyengat, Gympie-gympie begitu spesial. Gympie-gympie dapat ditemukan di hutan hujan tropis Maluku dan Australia.

Gympie-gympie bisa tumbuh hingga ketinggian 2 meter. Buahnya berwarna ungu.

Daunnya berbentuk hati dengan lebar bisa mencapai 50 cm. Nah, daun Gymie-gympie inilah yang berbahaya. Sebab, permukaan daun Gympie-gympie memiliki ribuan duri yang menyengat.

Baca Juga : Sepeda Listrik Ini Dibanderol Rp52,6 Juta

Duri tersebut panjangnya 5 mm, sudah begitu memiliki racun moroidin. Menurut peneliti racun dari Gympie-gympie dapat membunuh anjing, kuda, dan manusia.

Duri di permukaan daun Gympe-gympe bakal bereaksi andai tersentuh. Duri itu bakal menancap ke kulit traveler dan racun pun masuk ke tubuh.

Efeknya, pertama-tama kulit yang bersentuhan terasa panas, ruam, mimisan, hingga semakin panas yang tak tertahankan.

Gejala ini akan terus memburuk setiap harinya. Menurut pengakuan dari orang yang berhasil selamat, rasa sakit yang diberikan oleh Gympie-gympie ini serasa disiram air cuka dan disetrum secara bersamaan.

Rasa sakit yang ditimbulkannya awet hingga bertahun-tahun. Rasa sakit itu bahkan sampai bikin mereka yang bersentuhan ingin mengakhiri hidup!

Bahkan, katanya lebih baik bunuh diri dari pada sampai terkena racun dari Gympie-gympie. Ini mengapa tumbuhan satu ini disebut juga suicidal plant atau tanaman bunuh diri.

Meski tak bersentuhan, Gympie-gympie juga bisa menyiksamu jika berada terlalu dekat. Rambut-rambut halus yang berada di permukaan daun bisa terbang dan masuk ke dalam hidung saat kamu bernapas. Hasilnya, kamu bisa bersin hingga mimisan.

“Mengalami tersengat adalah rasa sakit terburuk yang Anda dapat bayangkan. Seperti dibakar dengan asam panas dan listrik pada saat yang sama,” ujar Entomologi dan Ekologi Marina Hurley

Hurley sempat tersengat Gympie-gympie saat sedang bertugas selama 3 tahun di Queensland Artherton Tableland. Bahkan, Hurley harus menerima pengobatan steroid dan tidak memiliki kontak dengan tanaman apa pun untuk sementara waktu.

Andai Gympie-gympie dikeringkan selama ratusan tahun, racun dari tanaman ini masih bisa menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Tanaman ini biasanya menjadi musuh dari pembuka hutan, surveyor, dan penebang hutan.

Tidak mengherankan bukan Gympie-gympie disebut sebagai tanaman paling mematikan dunia. (dtc)

Editor : Dody Ferdy