Golongan Darah Kita Rupanya Bisa Berubah Loh!!

mimbarumum.co.idApa golongan darah milikmu? A, B, O, atau AB? Ternyata golongan darah bisa berubah, loh. Fakta menarik ini bisa kita kulik lebih dalam di bawah.

Biasanya, kamu akan memiliki golongan darah yang sama sepanjang hidup. Namun, dalam beberapa kasus, golongan darah bisa berubah. Ini terjadi karena keadaan yang tidak biasa, seperti menjalani transplantasi sumsum tulang atau terkena jenis kanker atau infeksi tertentu.

Perlu dicatat, tidak semua perubahan golongan darah bersifat permanen, sebagaimana melansir Cleveland Clinic, Rabu (4/11/2020).

Lebih lanjut, penelitian baru dipresentasikan pada 256th National Meeting & Exposition of the American Chemical Society di Boston, Massachusetts pada 21 Agustus 2018. Ialah bakteri usus kita yang telah membantu para ilmuwan menemukan cara untuk membuat golongan darah universal.

Baca Juga : Museum Sejarah Nabi Muhammad SAW Segera Berdiri di Jakarta

Jika temuan mereka lolos dari semua tes keamanan dan kemanjuran, pasien di seluruh dunia bisa mendapatkan keuntungan dari peningkatan suplai darah yang kompatibel.

Para ilmuwan di University of British Columbia (UBC) di Kanada percaya bahwa mereka selangkah lebih dekat untuk mewujudkan hal itu.

“Kami sangat tertarik pada enzim yang memungkinkan kami untuk menghilangkan antigen A atau B dari sel darah merah,” kata Dr Stephen Withers, seorang profesor di UBC.

“Jika Anda dapat menghilangkan antigen tersebut, yang hanya merupakan gula sederhana, maka Anda dapat mengubah darah A atau B menjadi O,” lanjutnya dikutip dari Medical Daily.

Dalam studi mereka, Withers dan rekan-rekannya dapat mengidentifikasi enzim dalam usus manusia yang dapat membantu mengubah golongan darah dengan antigen A dan B menjadi tipe O.

Meskipun beberapa ilmuwan telah menemukan enzim seperti itu sebelumnya, mereka belum seefisien yang satu ini.

Karena sejauh ini pengujian baru dilakukan di laboratorium, pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk memastikan temuan ini. (dtc)

Editor : Dody Ferdy