Selasa, Juli 23, 2024

Percepatan Pelaksanaan Program PTSL, Kantor Pertanahan Labuhanbatu Lakukan Pengukuran dan Pemetaan Gunaka PUNA

Baca Juga

mimbarumum.co.id – Percepatan pelaksanaan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Kantor Pertanahan Kabupaten Labuhanbatu melakukan pengukuran dan pemetaan lewat hasil foto dengan mempergunakan pesawat udara nirawak (PUNA).

Menurut data yang diperoleh mimbarumum.co.id dari Kakan Pertanahan Kabupaten Labuhanbatu, Ir. Harris Simanjuntak, M. Dev. Plg (foto) melalui Kepala Sub Bag TU, Ismail, SE di kantor Kantah setempat di Rantauprapat pada Kamis (20/6/2024) bahwa diterapkannya penggunaan PUNA mengingat target pelaksanaan PTSL dilingkungan Kantah Labuhanbatu pada Tahun 2024 ini sebanyak 12.000 bidang sertifikat tanah.

Selain itu, hasil peta foto PUNA memiliki resolusi yang tinggi. Pemotretan udara dapat dilakukan di lokasi dengan luasan relatif kecil dan efesien. Hasil pemetaan melalui PUNA lebih cepat serta hasil yang lebih akurat.

Pengerjaan menggunakan teknologi PUNA tetap berpedoman kepada Juknis pengumpulan data fisik program PTSL terintegrasi yang dikeluarkan oleh Dirjen Survei dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang.

Perlu diketahui, bahwa tujuan pelaksanaan pengukuran dengan metode memakai alat PUNA ini tentunya untuk percepatan pendaftaran tanah, tersedianya peta foto sebagai referensi/acuan yang lebih lengkap dengan format digital dengan spesifikasi yang telah ditetapkan.

Pengerjaan pengukuran dan pemetaan fotogrametri tersebut, tanda batas tanah jelas terlihat atau teridentifikasi pada peta hasil foto.

Reporter : Tommy Sinaga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Rutan Kelas I Ikuti Zoom Virtual Rapat Rencana Kerja Peringatan Hari Pengayoman

mimbarumum.co.id - Dalam rangka menyambut Hari Pengayoman ke-79 yang jatuh pada 19 Agustus mendatang, Rumah Tahanan Negara Kelas I...

Baca Artikel lainya