Ini Daftar Website Periksa Keaslian Video

mimbarumum.co.id – Kecanggihan teknologi saat ini bisa memeriksa keaslian video yang beredar di media sosial misalnya Twitter, Facebook, dan Instagram.

Perkembangan teknologi digital saat ini semakin canggih, termasuk bisa mengetahui video yang tersebar di media sosial asli atau sudah diedit. Teknologi itu untuk menghindari oknum jahil yang hanya ingin membuat gaduh medsos.

Ada beberapa website yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi keaslian video. Website cukup penting terlebih di era digitalisasi saat ini yang sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan ponsel dan media sosial.

Rangkuman CNNIndonesia, ada lima website, yaitu Invid Verification Plugin, Serelay, Suncalc, TinEye, dan Youtube Data Viewer.

Berikut penjelasan singkat soal alat untuk memeriksa keaslian video yang beredar di internet:

Baca Juga : Golongan Darah Kita Rupanya Bisa Berubah Loh!!

1. InVid Verification Plugin
InVid adalah plugin yang tersedia di Google Chrome dan Mozilla Firefox. Caranya, unggah gambar atau video ke sistem dan itu akan menunjukkan lokasi aslinya, tanggal pembuatan, thumbnail, dan bingkai utama.

Hal itu memungkinkan Anda membalikkan pencarian di Google dan Twitter, memperbesar gambar, menganalisis metadata dengan Image Verification Assistant.

2. Serelay
Pengguna dapat mengunggah gambar dan video ke aplikasi gratis ini dan itu akan melakukan serangkaian tes untuk menyimpulkan apakah gambar atau video yang telah dimodifikasi.

3. Suncalc
Suncalc adalah aplikasi yang membantu pengguna memverifikasi informasi dengan mencocokkan bayangan dalam video.

4. TinEye
Masyrakat dapat menggunakan aplikasi gratis ini untuk validasi foto dan video yang mereka temui di internet. TinEye menggunakan teknik komputasi untuk menentukan apakah piksel atau metadata tampak diubah.

5. YouTube Data Viewer
Alat ini menunjukkan kepada pengguna waktu upload video setelah mereka menyalin dan menempelkan link ke bilah pencarian. Dengan situs ini, pengguna juga dapat melihat thumbnail dan link untuk membalik pencarian gambar thumbnail. (cnn)

Editor : Dody Ferdy