Konflik Perumnas Mandala Jangan Jadi Pemicu Kerusuhan Jelang Pilkada 2020

Berita Terkait

- Advertisement -

mimbarumum.co.id – Jika konflik di antar warga di Perumnas Mandala tidak diselesaikan secepatnya dikhawatirkan akan memicu konflik SARA.

Bentrokan berujung pengerusakan Masjid Al Amin di Jalan Belibis telah dilaporkan ke Mapolrestabes Medan.

“Kita tak inginkan dan berdo’a dijauhkan Allah SWT dari konflik seperti itu, mengingat Sumut selama ini sudah sangat amat dan kondusif, karenanya diharapkan pihak-pihak berkompeten bisa menyelesaikannya dan kita meyakini hal tersebut bisa terselesaikan,” ujar Koordinator Wilayah Forum Keluarga Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (Fokal IMM) Sumut, Sahlan Marpaung, Minggu (25/1/2020).

Baca Juga : Perumnas Mandala Memanas, Provokator Dicari !!!

- Advertisement -

Apalagi ini sudah dekat Pilkada serentak 23 Kabupaten/Kota tahun 2020 di Sumatera Utara. “Kita khawatir ini bisa menjadi potensi konflik yang bisa mempengaruhi terganggunya pelaksanaan Pilkada serentak itu,” sebut Marpaung.

Menurutnya, sekecil apapun potensi konflik yang menjurus kepada isu SARA harus segera diredam dan dideteksi oleh aparat keamanan khususnya pihak kepolisian.

Beberapa tahun terakhir ini kedamaian dan kerukunan antar umat beragama yang sudah lama menjadi sesuatu membanggakan di masyarakat Sumatera Utara, sedikit agak terganggu dengan beberapa isu seperti destinasi wisata halal, dibuangnya ratusan bangkai babi di sungai dan tadi malam terjadi pengrusakan Masjid Al-Amin.

“Saya harapkan, komunikasi yang semakin intens antar tokoh-tokoh agama harus dilakukan, tapi tidak terbatas di level elit, harus dibangun di level akar rumput,” papar Sahlan.

Sahlan juga menghimbau kepada seluruh elemen untuk menahan diri, dan memberikan kesempatan pada penegak hukum untuk mengusutnya.

“Kasus ini kita minta harus diusut tuntas, tidak boleh dibiarkan berlarut, karena akan berdampak buruk pada kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat yang selama ini sudah kondusif,” terangnya. (jamal)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Berita Pilihan

PN Medan Gelar Sidang Lapangan di PT JBI, Bambang Samosir: Keadilan Akan Ditegakkan

mimbarumum.co.id - Pengadilan Negeri (PN) Medan telah menggelar sidang lapangan terkait sengketa lahan seluas 13 hektar yang dikuasai PT...