Tentang Sampah

Pagi Medan!

Awak kemaren meneruskan sebuah postingan kawan ke Pak Wawako Nasution Akhyar. Sebagai warga kota syoor kali awak ketika Pak Wawako meresponnya segera dan mengirimkan gambar hasil tindak lanjut postingan kawan tadi. Untuk ini awak ucapkan terimakasih Pak Wawako.

Kemudian, waktu awak buka wall pagi ini, Pak Wawako mention awak dengan sebuah foto dan berita yang agak mengejutkan sekaligus menyenangkan. Pak Wawako membuktikan kalau pemerintah kota juga bisa membuktikan penerapan perda dan aturan kota.

Pada foto yang dibagi Pak Wawako itu, tampak ada warga kota yang harus berani mempertanggung jawabkan perilaku buruknya membuang sampah sembarangan.

Awak tengok dari fakta itu, ada beberapa hal dan kemungkinan yang bisa kita ambil maknanya.

Pertama masyarakat kota memerlukan jalur komunikasi lintas cepat, akomodatif dan solutif dari orang yang dipercayainya sebagai wali mereka.

Kedua, masyarakat perlu dan harus berani menyampaikan fakta tentang kota melalui jalur yang disediakan walinya itu.

Ketiga, aparat di bawah Pak Wawako ternyata bisa bekerja dengan baik. Tapi sayangnya itu mungkin setelah kena tegur akibat postingan warga yang diterimanya.

Ke empat, perlu pemahaman aparat mulai dari wali masyarakat kota hingga jajaran terendahnya, kalau mereka ada untuk melayani dan mengatur tata kelola kota mulai dari lapis terbawah hingga tatar teratas di kotanya.

Kemudian mereka harus berani dan ikhlas bekerja dan membuktikan kalau mereka juga bertanggung jawab atas kepercayaannya masyarakat pada mereka sebagai pengelola kota.

Saat itu terjadi, mungkin nanti akan ada foto dan cerita kalau aparatur kota yang kena tindakan hukum atau disipliner seperti foto warga yang di share Pak Wawako sama awak pagi ini.

Dari semua fakta dan duga tadi, terasa awak memang masih berat untuk mendapatkan semuanya dengan nilai yang paripurna. Tapi setidaknya itu bisa dibangun menjadi Kota Medan Lebih Manusiawi melalui komunikasi dua arah yang terbuka dan transparan antara masyarakat dan walinya. Cocok klen rasa?