Sabtu, Maret 2, 2024

Ridwan Kamil Dorong Destinasi Eduwisata Agribisnis Berkelas Dunia

Baca Juga

mimbarumum.co.idSeorang pengusaha agribisnis merintis pembangunan destinasi pariwisata baru di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. Wisata bernilai edukasi itu bernama Kertajati Family Farm & Education Park.

Destinasi itu berada pada lahan seluas 117 hektar yang tidak hanya akan menjadi rumah bagi 50.000 ekor kambing dan domba, tetapi juga disulap menjadi pusat wisata edukasi agribisnis yang inovatif.

Arie Triyono berkeinginan menyatukan pertanian, inovasi, dan pendidikan dalam satu destinasi. “Kami berkomitmen tidak hanya dalam menghasilkan, tapi juga dalam mengedukasi. Kami ingin peternakan kami menjadi tempat di mana pertanian bertemu dengan inovasi dan pendidikan,” ujar Arie.

Pengusaha handal ini menyampaikan itu saat menerima kunjungan arsitek kenamaan, Ridwan Kamil di lokasi Kertajati Family Farm & Education Park, pada Kamis (11/1/24) lalu.

Dia mengatakan, visinya bukan sekadar menciptakan peternakan, melainkan juga menyediakan sebuah ruang pembelajaran dan penelitian bagi para pelaku agribisnis.

“Di Kertajati ini nantinya akan menjadi pusat studi pengembangan, penelitian, dan kajian peternakan yang terintegrasi dengan education par,” tukas Arie.

Kang Emil, demikian Ridwan Kamil biasa disapa, dalam kunjungannya kali ini diajak berkeliling area dengan kendaraan All-Terrain Vehicle (ATV). Emil meninjau langsung danau buatan dan kandang peternakan modern.

Emil pun mengaku terkesan dan menyatakan dukungannya, baik sebagai arsitek maupun sebagai tokoh publik. “Kertajati Family Farm and Education Park seharusnya bukan hanya menjadi destinasi pariwisata nasional tapi bisa bertaraf internasional, berkelas dunia,” ungkap Emil.

Di atas lahan yang telah disiapkan, pembangunan kandang modern untuk kambing dan domba berkapasitas besar sudah hampir selesai. Area danau buatan juga telah siap, dikelilingi jalur off road untuk petualangan alam dengan mengendarai ATV. Bangunan restoran juga telah disiapkan yang nantinya akan menyediakan aneka sajian kuliner nusantara berbahan daging.

Arie kemudian menjelaskan bahwa Kertajati Family Farm & Education Park merepresentasikan lebih dari sekadar peternakan, tapi menjadi inovasi dan pendidikan dalam agribisnis.

“Dengan dukungan penuh dari tokoh-tokoh penting seperti Ridwan Kamil, kita ingin proyek ini tidak hanya berpotensi menjadi pusat edukasi, tetapi juga destinasi pariwisata dan riset agribisnis yang diakui secara internasional,” pungkas Arie.

Selain di Kertajati, Arie juga telah menginisiasi pembangunan Pusat Pelatihan Peternakan
Nasional & Sertifikasi di Desa Mekarsari Ndaru, Kabupaten Tangerang, melalui PT Lembu Setia Abadi Jaya.

“Kita ingin memulai langkah upaya mengedukasi dan meningkatkan standar peternakan di Indonesia yang nanti ujungnya pada kemandirian pangan nasional kita,” tukas Arie.

Reporter : Ngatirin/rel

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Brimob Polda Sumut Lumpuhkan 8 Drone Liar di Event F1 Powerboat 

mimbarumum.co.id - Personel Satuan Brimob Polda Sumut mengambil tindakan tegas terhadap drone liar yang tidak memiliki izin terbang di...

Baca Artikel lainya