Pembangunan Sport Center Sumut Bertaraf Internasional Segera Dimulai

mimbarumum.co.id – Pembangunan kawasan Sport Center segera dimulai yang dijadwalkan dihadiri Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

“Hari ini kita lakukan persipaan untuk lakukan peletakan batu pertama kawasan olahraga atau Sumut Sport Centre. Groundbreaking dilaksanakan pada 14 Agustus nanti,” kata Kadispora Sumut Baharuddin Siagian saat meninjau lokasi peresmian, Rabu (12/8/2020).

Pembangunan kawasan Sport Center seluas 300 hektar ini berada di Jalan Sultan Serdang, Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Deli Serdang.

Dikatakan Bahar sapaan arkrabnya, simbol dimulainya pembangunan Sport Center Sumut bertaraf Internasional, sesuai dengan harapan olahragawan Sumut terbangunnya sarana dan prasarana olahraga bertaraf Internasional.

Baca Juga : 10 Jabatan Plt di Kemenag Sumut Ganggu Pelayanan Publik

Ia mengungkapkan, segala urusan tentang pembebasan lahan sampai saat ini belum mengalami kendala, dan masih dalam proses penyelesaian secara bertahap.

“Tanah sudah kita selesaikan tahap demi tahap sudah kita beresin. Tentu harapan kita ke depan bisa segera dibangun venue secara bertahap,” bilangnya.

Baharuddin menyebutkan, kasawasan Sport Center nantinya akan dibangun dalam tiga kategori. Pertama untuk pembangunan sarana olahraga, kemudian pembangunan fasilitas umum bisnis, serta pembangunan penunjang sport dan bisnis.

“Semua kawasan kita launching untuk dilakukan pembangunan. Nanti ada 3 kelompok pembangunan di sini. Pertama untuk olahraga, kedua untuk bisnis, dan ketiga pembangunan penunjang olahraga dan bisnis,” ujarnya.

Lebih jauh disampaikan Kadis Pemuda dan Olahraga Sumut, pembangunan sarana olahraga Sport Center akan dibangun Stadion Utama dengan kapasitas 75 ribu penonton yang bisa digunakan hingga ratusan tahun.

“Target utama kita adalah tuan rumah PON ke-21 tahun 2024. Berikutnya kita berkeinginan menjadi tuan rumah SEA Games, ASIAN Games. Terus kita juga bisa menawarkan tuan rumah olimpiade 2032,” tutupnya.

Reporter : Jepri Zebua
Editor : Dody Ferdy