Selasa, Juli 23, 2024

Masyarkat Kecamatan Pematang Bandar Harapkan Bupati Simalungun Perbaiki Irigasi Jebol

Baca Juga

mimbarumum.co.id – Program gerakan gotong royong (Marharoan Bolon-red) salah satu upaya untuk  membangun Simalungun yang terus di gaungkan di tengah-tengah masyarakat untuk menanggulangi berbagai permasalahan.

Program yang diinisiasi  Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga itu mendapat respon positif dari seluruh elemen masyarakat sehingga warisan dari nenek moyang tersebut tetap lestari di tengah-tengah masyarakat.

Kegiatan gotong royong berlangsung di Kecamatan Pematang Bandar, kegiatan Marharoan Bolon dirangkai dengan kegiatan silahturahmi antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun dengan masyarakat Kecamatan Bandar, Senin (8/7/2024).

Giat Marharoan Bolon di Kecamatan Pematang Bandar untuk mengatasi tanggul irigasi jebol sepanjang lebih kurang 15 meter dari Nagori Bandar Manis menuju Nagori Talun Madera.

Menurut Camat Pamatang Bandar Pahot H. Siregar jebolnya irigasi tersebut akibat gerusan air sehingga memutus aliran air untuk persawahan sekitar 250 Ha.

“Kita bersama masyarakat telah melakukan penanganan sementara untuk mengatasi tanggul irigasi yang jebol tersebut dengan menggunakan karung berisi tanah dan kayu untuk menahan karung tanah,” kata Pahot dalam laporannya.

Pahot juga mengatakan, pihaknya telah melaporkan kepada Pemkab Simalungun agar tanggul irigasi yang jebol tersebut dapat segera ditanggulangi.

Dalam kegiatan silahturahmi, Bernard Z Sinaga selaku tokoh masyarakat berharap untuk membersihkan perhatian dan segera memperbaiki irigasi yang jebol.

“Kami mohon kepada bapak Bupati Simalungun untuk segera memperbaiki irigasi kami yang jebol, supaya air masuk ke persawahan kami pak,” pinta Bernard.

Bupati Simalungun dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Pemerintah dan Kesra Albert Saragih menyampaikan apresiasi kepada masyarakat kecamatan Pamatang Bandar yang sangat antusias mendukung program Marharoan Bolon membangun Simalungun.

“Mari untuk lebih semangat lagi dalam membangun Kelurahan kita masing-masing dan sama-sama menjaga kebersihan lingkungan,” ajak Bupati.

Bantuan masyarakat secara swadaya berupa material, fasilitas sarana mesin, tenaga suka rela dan pelaku usaha sangat berguna dan bermanfaat dalam kegiatan ini.

Reporter : Ermawi Parinduri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Rutan Kelas I Ikuti Zoom Virtual Rapat Rencana Kerja Peringatan Hari Pengayoman

mimbarumum.co.id - Dalam rangka menyambut Hari Pengayoman ke-79 yang jatuh pada 19 Agustus mendatang, Rumah Tahanan Negara Kelas I...

Baca Artikel lainya