Mantan Rektor USU Prof Chairuddin P Lubis Wafat

mimbarumum.co.id – Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, beserta seluruh pimpinan dan civitas akademika USU berbelasungkawa meninggalnya Prof dr H Chairuddin Panusunan Lubis, Rabu (16/9/2020) di RS Columbia Medan.

Almarhum meninggal karena stroke dan komplikasi beberapa penyakit. Rektor USU kepada para wartawan, Rabu (16/9/2020) mengatakan, seluruh pimpinan dan keluarga besar USU kehilangan almarhum.

Ide dan gagasannya, baik selama menjadi dosen maupun Rektor USU sangat luar biasa didedikasikan untuk kemajuan USU.

Baca Juga : Survei CRC, Kemacetan Lalin di Medan Tinggi

Beberapa di antaranya sangat monumental adalah perjuangannya menjadikan USU Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (USU PT BHMN) tahun 2003, pertama di luar Pulau Jawa, yang sejak 2014 berubah menjadi PTN BH.

Menurut Rektor, perjuangan almarhum yang juga patut dikenang adalah saat memperoleh Kampus USU di Kwala Bekala seluas 300 ha, memperoleh bantuan dari Pemerintah RI untuk pembangunan RS USU dan peletakan batu pertama.

“Selamat jalan abang kami Prof Chairuddin. Semoga segala pengabdian dan kebaikan yang diberikan diterima sebagai pahala oleh Allah SWT,” kata Runtung.

Almarhum direncanakan akan dikebumikan pada Rabu (16/9/2020) ba’da Dzuhur di TPU Sei Batu Gingging Medan.

Reporter : Mhd Nasir
Editor : Dody Ferdy