KPU Tegaskan Ijazah Martua Sitanggang Valid

mimbarumum.co.id – Tahapan Pemilihan Bupati di Samosir memanas pasca tim hukum pasangan Rapidin-Juang menyampaikan surat sanggahan terkait dokumen pendaftaran balon Wabup atas nama Martua Sitanggang.

Setelah pendaftaran pasangan VANTAS pada hari kedua, kemudian pada tahapan tanggapan masyarakat, Tim Hukum Rapidin-Juang mempertahankan keabsahan ijazah balon Wabup Martua Sitanggang yang menamatkan SMA Negeri 1 Kota Jambi.

Terkait keabsahan ijazah balon Wakil Bupati Martua Sitanggang, dengan tegas Ketua KPU Samosir, Ika Rolina Samosir, menyebutkan telah melakukan verifikasi dan valid.

Baca Juga : Berkas Calon Kepala Daerah di Samosir Belum Penuhi Syarat

Ketika ditanya mimbarumum.co.id, apakah KPU Samosir telah melakukan verifikasi terkait ijazah Martua Sitanggang, pihak penyelenggara Pilkada itu memberikan jawaban tegas. “Sudah dan valid,” sebutnya, kepada mimbarum.co.id, Selasa (15/9/2020) di Pangururan.

Di sisi lain, Bawaslu Samosir juga ikut serta ketika KPU melakukan verifikasi ke SMA Negeri 1 Kota Jambi. “Bawaslu ikut serta,” kata Ketua Bawaslu Samosir, Anggiat Sinaga.

Namun, Anggiat mengungkapkan, bahwa untuk menjelaskan hasil verifikasi bukan ranah Bawaslu. “Pihak kita melakukan pengawasan verifikasi, tapi untuk memberikan keterangan merupakan otoritas KPU,” sebutnya.

Sumber wartawan dari Kota Jambi menyebutkan, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA Negeri 1 Kota Jambi, Karnama, mengaku telah disambangi pihak KPU dan Bawaslu Samosir.

Dia menyebutkan, bahwa Ketua KPU, Ika Rolina Samosir didampingi Anggota Bawaslu, Riyanto Nainggolan datang ke SMA Negeri 1 Kota Jambi.

“Untuk melakukan klarifikasi dan verifikasi keabsahan ijazah Martua Sitanggang,” beber Karnama.

Tapi dia menegaskan, terkait hasil verifikasi dan klarifikasi agar ditanyakan langsung ke KPU Samosir.

Reporter : Robin Nainggolan
Editor : Dody Ferdy