Sabtu, Juli 20, 2024

KKSU 2024 Dapatkan Roaster-roaster Kopi Terbaik Sumut

Baca Juga
mimbarumum.co.id – Minum kopi sudah menjadi kebiasaan sejak dahulu. Bahkan anak muda sekarang ini minum kopi sebagai gaya hidup atau sekadar mood booster.
Kopi dari Sumatera Utara (Sumut) sudah diakui dunia dengan rasanya yang enak, gurih dan aroma yang menggugah. Demi meningkatkan daya saing UMKM kopi di Sumut, Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatra Utara (BI Sumut) menggelar Lomba Kopi: Final Coffee of Excellence, Sabtu (6/7/2024).
Kegiatan yang terselenggara sebagai rangkaian Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) x North Sumatra Invest (NSI) Day di Delipark Mall ini sukses memilih 5 roaster-roaster kopi terbaik.
Kelima varietas biji kopi terbaik yang terpilih ini selanjutnya dilelang oleh BI Sumut dengan masing-masing berat 5-10 kg di ajang KKSU x North Sumatra Invest (NSI) Day yang bertajuk “Rap Pamajuhon Sumatera Utara” yang merupakan bagian dari Harvesting Gernas Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gernas Bangga Berwisata di Indonesia (GBBWI).
Dari kelima finalis ini kemudian dipilih tiga pemenang setelah mengikuti proses coffee cupping yang dilakukan oleh juri mulai dari menghirup aroma, menyeruput dan meneguknya secara perlahan-lahan untuk mengetahui kualitas biji kopi yang dirasakan.
Perwakilan Tim Pengembangan UMKM BI Sumut, Dani mengatakan, pemilihan 5 finalis roaster kopi terbaik telah melalui proses panjang. Dikurasi selama dua hari oleh 3 orang juri yang minimal telah tersertifikasi Q-grader di ajang lomba kopi yang dikuti sebanyak 22 peserta UMKM binaan BI Sumut.
Katanya, melalui Final Coffee of Excellence dalam penyelenggaraan KKSU x NSI Day
diharapkan para petani kopi di wilayah Provinsi Sumatra Utara semakin teredukasi. Terutama terkait bagaimana melakukan proses atau pengolahan kopi pasca panen sehingga bisa dihasilkan beans yang memang pada saat diroasting memiliki citarasa yang enak dan terbaik.
“Untuk petani-petani kopi khususnya atau produsen kopi kita harapkan bisa meningkatkan nilai tambah atau nilai jual dari produk kopi kualitas green bean yang mereka hasilkan,”kata Dani.
Dani menjelaskan dalam ajang KKSU x NSI Day ini lebih dari 300 UMKM Kopi dari hulu hingga hilir yang ikut mendaftar dan berpartisipasi dalam 4 perlombaan kopi mulai dari Latte Art, Manual Brew V60, Coffee of Excellence dan Signature Coffee.
“Hari ini ada 2 final lomba kopi kita laksanakan sekaligus coffee cupping atau coffee tasting untuk lomba Coffee of Excellence. Kalau Jumat kemarin kita sudah melaksanakan final untuk dua lomba yaitu: Latte Art dan Signature Coffee,”ungkap Dani.
Melalui ajang KKSU x NSI Day Dani menyatakan, pastinya pelaku usaha kopi terutama anak-anak muda bisa menjadi daya tarik bahwasanya kompetisi kopi itu menarik dan variatif. Kemudian dari pelaksanaan KKSU x NSI Day khususnya di booth kopi diharapkan semua pelaku usaha kopi semakin terstimulasi untuk bisa meningkatkan kualitas produk kopi masing-masing.
“Khususnya untuk roaster-roaster, para penjual kopi roast bean atau kopi bubuk diharapkan semakin memperhatikan kualitas kopi yang dijual kepada konsumen,” tandasnya.
Reporter : Siti Amelia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kaum Milenial Dukung Manarsar Simbolon Cawabup Samosir di Pilkada 2024

mimbarumum.co.id - Para kalangan muda memberikan dukungan penuh kepada Manarsar Simbolon untuk maju sebagai calon wakil bupati (Cawabup) dalam...

Baca Artikel lainya