Kata Gubernur Edy, Tak Ada Yang Lebih Indah dari Danau Toba

mimbarumum.co.id – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi memaparkan pengalamannya keliling Indonesia. Menurutnya, selama ia menikmati keindahan objek wiata di negeri ini, ternyata tidak ada objek wisata yang lebih indah dari Danau Toba.

“Saya sudah keliling Indonesia, tapi tak ada yang menurut saya lebih indah dari Sumut. Terutama Danau Toba ini, untuk itu kita harus bangga dan bersyukur,” ucap Edy Rahmayadi, saat berkunjung ke Kabupaten Samosir, Kamis (13/6/19).

Gubernur bersama istri yang juga Ketua Tim Penggerak (PK) PKK Sumut, Nawal Edy Rahmayadi tiba di Samosir setelah dijemput Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga dari Parapat menggunakan Kapal Wisata milik Pemkab Samosir.

Setelah menginjakkan kakinya di tanah Samosir, Gubernur Edy dan rombongan melakukan silaturahmi dengan jajaran Pemkab Samosir dan komponen masyarakat di Kantor Bupati Kabupaten Samosir, Jalan Raya Rianiate Kecamatan Pangururan., Samosir.

Edy mengungkapkan, Kabupaten Samosir merupakan salah satu daerah yang diprioritaskan oleh pemerintah untuk pembangunan di bidang pariwisata.

“Karena itu, Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah ini harus memiliki kemampuan dasar pada bidang pariwisata,” ucapnya sembari menyebutkan perlunya mempersiapkan SDM yang memiliki mindset pariwisata, sehingga mampu menjamu wisatawan dengan baik.

Ia menambahkan, jika semakin banyak wisatawan yang betah dan nyaman berlibur di Kabupaten Samosir, tentu mendatangkan rezeki bagi masyarakat.

Tentang rencana perbaikan dan pengembangan kawasan Danau Toba, Gubsu Edy Rahmayadi, menyebutkan, pemerintah pusat dan pemerintah provinsi telah menyusun rencana itu dan sedang memasuki proses perwujudan dari rencana tersebut.

Pada kesempatan itu, Edy secara khusus juga memastikan akan menindaklanjuti perihal harapan dan permintaan Pemkab Samosir terkait percepatan pengembangan pariwisata, termasuk beberapa di antaranya masalah infrastruktur.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon yang menyambut langsung kehadiran Gubsu bersama rombongan mengaku sudah lama menantikan kedatangan Gubernur ke Kabupaten Samosir untuk bisa bertatap muka langsung dengan masyarakat.

Ia juga mengapresiasi kedatangan Gubsu Edy dan berharap akan lebih banyak berkunjung ke Kabupaten Samosir “Negeri Indah Kepingan Surga”, baik untuk wisata maupun kunjungan kerja.

Pada kesempatn itu, Bupati Rapidin mempresentasikan tentang kondisi terkini daerah yang kini terus berjuang membangun untuk menuju kemajuan itu.

“Dari data yang kita miliki pak Gubernur, untuk tanggal 1 sampai 9 bulan ini, selama libur Lebaran, lebih dari 40.000 jumlah wisatawan yang berkunjung ke Samosir. PAD kita untuk beberapa hari tersebut mencapai Rp124,7 juta,” jelasnya.

Ia juga berharap agar Pemprovsu mendukung pemgembangan wisata kawasan Danau Toba yakni infrastruktur jalan-jalan provinsi, pemantauan keselamatan dan kenyamanan penyeberangan transportasi danau dan program lainnya.

Kedatangan Gubsu Edy Rahmayadi dan rombongan disambut dengan tarian Tor-Tor Somba-Somba khas Batak serta diiringi musik dari lagu Mumpat Taluktut.

Kemudian dilakukan penyematan Pakaian Adat Batak kepada Gubernur Edy Rahmayadi dan Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi oleh tokoh-tokoh masyarakat Kabupaten Samosir sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi.

Hadir juga pada acara kunker Gubsu, Asisten Pemerintahan Jumsadi Damanik, Kepala Dinas Pendidikan Sumut Arsyad Lubis, Forkopimda Kabupaten Samosir, Sekda Samosir Jabiat Sagala, OPD Pemkab Samosir, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, camat dan kepala desa. (RN)