Kapal Nelayan Bawa 20 Penumpang Hilang Kontak

0

mimbarumum.co.id – Sebuah Kapal motor (KM) Formosi asal Sibolga, Sumatera Utara (Sumut) hilang kontak di perairan Kepulauan Nias, Selasa (5/3/2019). Kapal nelayan ini diduga membawa sedikitnya 20 penumpang.

Koordinator Basarnas Nias Tonggor Gultom membenarkan peristiwa tersebut. Dia mengungkapkan, KM Formosi hilang kontak saat sedang berada di perairan Pulau Pini wilayah Pulau-Pulau Batu, Kabupaten Nias Selatan.

“Kapal hilang kontak pukul 05.30 WIB di seputaran Pulau Pini. Dugaan sementara, kapal ini tenggelam,” ujar Tonggur.

Dia menjelaskan, kapal milik warga Sibolga bernama Songsong itu dikemudikan nakhoda Sunaidi Situmeang. Berdasarkan komunikasi terakhir, kapal tersebut diperkirakan hilang kontak pada titik koordinat N 001 9132 E 098 27871.

Merespons laporan tersebut, Basarnas sudah menjalin komunikasi dengan pihak terkait, khususnya kapal-kapal yang berada di seputaran Pulau Pini, sebagai langkah upaya pencarian.

“Kami sudah monitor beritanya dan berkoordinasi dengan pihak terkait. Kami juga sudah kontak via radio kapal-kapal yang berada di sekitar lokasi sambil menyusun renops dan perlengkapan lain untuk menuju lokasi,” katanya.

Saat ini, personel Basarnas Kabupaten Nias sedang bersiap melakukan pencarian kapal. Petugas hanya tinggal menunggu hasil koordinasi untuk mengerahkan pasukan terjun ke lokasi titik koordinat hilangnya kapal tersebut. (inews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here