Senin, April 15, 2024

Jurnalis Pemkab Simalungun Melirik Potensi Monumen Titik “O” Kota Sabang, Tarik Minat Wisatawan

Baca Juga

mimbarumum.co.id – Meski terbilang kota kecil yang terdiri dari 3 kecamatan dengan 140 ribu jiwa yang menghuni pulau, namun Sabang menyimpan segudang keindahan alam, terutama obyek wisata monumen titik “O” kilometer Indonesia.

Tidak heran jika Kota Sabang menjadi salah satu  tumpuan arus wisatawan domestik maupum mancanegara. Bahkan sektor wisata Kota Sabang mampu mendongkrak pundi-pundi Pendapatan Asli Daerah (PAD) .

Menurut Asisten Pembangunan & Perekonomian dan Plt Kadis Pariwisata Sabang, Faisal Azwar,
Di Kota Sabang, Provinsi Aceh, terdapat 18 destinasi wisata pulau yang berjarak tempuh cukup jauh dari pusat pemerintahan Kota Sabang. Di antaranya: Pulau Rubiah Pulau Weh,  Pantai Iboih, Pantai Sumur Tiga, Manara Merah Putih dan lainya.

“Pulau-pulau yang berjarak jauh itu diminati turis mancanegara, bahkan dalam setahun kapal-kapal pesiar yang membawa turis manca negara datang kemari,”  kata Faisal Azwar mewakili Pj Walikota Sabang.

Lanjutnya, keindahan alam obyek wisata Kota Sabang masih memerlukan penataan oleh tangan tangan profesional, sehingga mampu menarik minat wisatawan manca negara untuk berkunjung, seperti dari Malaysia, Eropa dan lainnya.

“Untuk mendukung keindahan itu Pemerintah Kota Sabang telah menyiapkan 120 tenaga BHL  untuk membersihkan area destinasi wisata, begitu kugadengan sektor keamanannya,” kata Faisal.

Lannutnya, menyingung tentang Kota Sabang merupakan bagian dari Provinsi Aceh yang memegang teguh adat istiadat dengan Hukum Syariat Islam, Pemerintah Kota Sabang tetap menerapkan ketentuan yang diterapkan provinsi “Serambi Mekah” ini.

“Khusus turis mancanegara, umumnya dari Eropa, lebih menyenangi berkunjung di pulau-pulau yang jauh dari pusat pemerintahan kota. Dan mereka memahami aturan yang berlaku di daerah ini,” sebut Faisal.

Tim Jurnalis Kabupaten Simalungun yang berkunjung Kota Sabang dipimpin Kadis Kominfo Andrian Rahadian AP didampingi Kabid Suyati Damanik, guna melihat dari dekat tata kelola obyek wisata yang ada.

Tujuannya, sebagai perbandingan dengan destinasi obyek wisata Toba. Tentu dari dari penataan, sosial masyarakatnya dan sumber sumber potensi lainnya.

Kunjungan tim Jurnalis Pemkab Simalungun disambut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Faisal Azwar yang juga selaku Plt Kadis Pariwisata, Sekretaris Dinas Kominfo Kerry Priyono dan Pengurus PWI Provinsi A NAD Jalaluddin Z.

Reporter : Ermawi Parinduri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
Berita Terbaru

Dituding Jadi Dalang Bentrok Ormas PKN dan IPK, Godol Tak Berdaya Diserahkan Polisi Kepada Jaksa

mimbarumum.co.id - Penyidik Sat Reskrim Polrestabes Medan telah menyerahkan tersangka Edi Suranta Gurusinga alias Godol ke Kejaksaan Negeri Deliserdang...

Baca Artikel lainya