Jelang Idul Adha Hewan Kurban Diperiksa

mimbarumum.co.id – Jelang Idul Adha 1441 Hijriah Dinas Pertanian Padang Sidimpuan memeriksa hewan kurban di Desa Labohan Labo, Kecamatan Padang Sidimpuan Tenggara.

Kadis Pertanian Padang Sidimpuan  Parimpunan Siregar melalui Seketaris Pertanian Padang Sidimpuan Chairunnisa Daulay, Selasa (28/7/2020) memastikan dan melihat hewan kurban sehat atau tidak menjelang Idul Adha.

“Hewan kurban harus benar-benar dalam keadaan sehat dan layak untuk disembelih diantaranya cukup umur, sudah dan giginya kita lihat juga tidak cacat, dan dalam kondisi sehat,” katanya.

Baca Juga : Barang Bukti Senilai Rp2 Miliar Dimusnahkan

Pemeriksaan dilakukan mulai dari lokasi pengumpul dan pemotongan hewan-hewan kurban yang akan disembelih hingga menjelang raya Idul Adha.

Sementara itu, drh Nellisuyanti Nasution
menambahkan pemeriksaan hewan sehat ditandai tidak adanya keluar cairan darah dari lubang-lubang kumla seperti lubang hidung, telinga, kemaluan, pori hewan itu sendiri.

Bila ditemukan tanda-tanda seperti itu maka hewan itu tidak layak untuk di sembelih, sebab dicurigai berbahaya karena diduga penyakit anthraks atau berbahaya

Lebih lanjut Chairunnisa menyampaikan bahwa untuk kondisi Idul Adha 1440 H Tahun 2019 jumlah hewan kurban di 6 kecamatan se Kota Padang Sidimpuan untuk sapi mencapai 1135 ekor, untuk kambing 196 ekor.

Reporter : Rizal Nasution 
Editor : Dody Ferdy