Sabtu, Maret 2, 2024
Beranda blog

Ini Tips Aman Pembayaran Digital

0
Seorang pelanggan Telkomsel melakukan pembayaran dengan dompet digital di aplikasi MyTelkomsel. (mimbarumum/antara)

mimbarumum.co.id – Penelitian terbaru dari perusahaan keamanan siber Kaspersky menunjukkan penggunaan pembayaran digital di Asia Pasifik tumbuh pesat selama pandemi virus corona.

 

Antara melansir, Sabtu (16/10/2021), riset “Mapping a Secure Path for The Future of Digital Payments in APAC”, dikutip dari siaran pers, Sabtu, menunjukkan sebagian besar responden, 90 persen, menggunakan aplikasi pembayaran digital setidaknya sekali dalam setahun terakhir.

 

Hampir dua dari 10 orang, 15 persen, baru menggunakan pembayaran digital ketika pandemi.

 

Temuan Kaspersky, persentase pengguna uang elektronik baru di Indonesia mencapai 13 persen, setara dengan Thailand. Filipina menjadi yang tertinggi untuk pengguna baru uang elektronik, yaitu 37 persen.

 

Riset tersebut menunjukkan uang tunai masih menjadi primadona untuk transaksi di Asia Pasifik, namun, pertumbuhan penggunaan pembayaran digital juga menggembirakan.

 

Para responden menilai pembayaran digital membantu mereka menjaga jarak fisik (45 persen) dan ini adalah satu-satunya cara bertransaksi ketika sedang karantina wilayah (36 persen).

 

Tapi, masih ada pengguna yang takut kehilangan uang (48 persen) dan takut menyimpan data keuangan secara online (41 persen).

 

Sementara itu, responden lain menyebutkan pembayaran digital ini terlalu merepotkan (26 persen) atau perangkat pribadi mereka tidak terlalu aman (25 persen).

 

Kaspersky membagikan tips agar transaksi dengan pembayaran digital tetap aman.

 

1. Perangkat dan internet sendiri
Saat menggunakan pembayaran online, pakai perangkat dan sambungan internet sendiri, WiFi publik memiliki kemungkinan disusupi penjahat siber.

 

2. Jaga kerahasiaan PIN
Simpan nomor PIN, kata sandi dan kode one-time password (OTP) untuk diri sendiri, jangan pernah membagikannya meski pun ke keluarga dekat. Membagikan kode atau kata sandi ke orang lain sering menjadi jalan masuk peretas untuk mencuri informasi sampai urusan perbankan.

 

3. Waspada informasi palsu
Pengguna juga harus waspada terhadap komunikasi palsu di dunia digital. Jangan pernah membagikan informasi pribadi di dunia maya, terutama jika berkaitan dengan keuangan dan pembayaran.

 

Editor : Siti Murni

Brimob Polda Sumut Lumpuhkan 8 Drone Liar di Event F1 Powerboat 

0

mimbarumum.co.id – Personel Satuan Brimob Polda Sumut mengambil tindakan tegas terhadap drone liar yang tidak memiliki izin terbang di sekitar venue F1 Powerboat, Sabtu (2/3/2024).

Dalam operasi Subsatgas Anti Drone, personel Satuan Brimob Polda Sumut berhasil melumpuhkan sebanyak 8 unit drone yang melanggar aturan terbang di area yang ditetapkan. 

Drone liar tersebut diketahui mengganggu keamanan dan privasi serta potensial mengancam jalannya event internasional yang digelar di wilayah tersebut.

Dansat Brimob Polda Sumut selaku Kasatgas IV Tindak diwakili Kasubsatgas Anti Drone Sat Brimob Polda Sumut, Iptu Nursaleh menyatakan, tindakan tersebut merupakan bagian dari upaya dalam memastikan keamanan selama berlangsungnya kegiatan F1 Powerboat World Championship 2024. 

“Kami tidak mentolerir keberadaan drone liar yang dapat mengganggu jalannya event. Tindakan ini juga sekaligus sebagai peringatan bagi pihak-pihak yang berpotensi melanggar peraturan terbang drone,” tegasnya.

Kata Dansat Brimob, pihaknya telah dipersiapkan secara matang untuk menghadapi potensi gangguan keamanan, termasuk dari penggunaan drone yang tidak sah. 

“Kami siap bertindak cepat dan efisien untuk melindungi wilayah dan event internasional yang berlangsung di Provinsi Sumatera Utara,” tambahnya.

Event F1 Powerboat World Championship 2024 di wilayah Provinsi Sumatera Utara diharapkan dapat berjalan lancar dan sukses tanpa gangguan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Personel Sat Brimob Polda Sumut bersama dengan pihak terkait akan terus melakukan langkah-langkah pengamanan untuk memastikan kelancaran dan keselamatan seluruh peserta dan penonton.

Reporter: Jafar Sidik

Kapolda Sumut Kibarkan Bendera Merah Putih Flag Parade Bersama Pebalap F1 Powerboat

0

mimbarumum.co.id – Event internasional F1 Powerboat 2024 resmi digelar bertempat di Pelabuhan Muliaraja Napitupulu, Kota Balige, Kabupaten Toba, Sabtu (2/3/2024).

Pantauan di lokasi, terlihat Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Pj Gubernur Sumut Hassanudin serta Pangdam I mengikuti flag parade bersama para pebalap F1 Powerboat dari berbagai negara.

Dengan menggunakan boat milik penyelenggara F1 Powerboat, Kapolda Sumut mengitari lintasan balapan sembari mengibarkan Bendara Merah Putih.

“Saya menyampaikan bahwa penyelenggaraan keamanan F1 Powerboat, Polda Sumut bertanggungjawab penuh atas keamanan terhadap penonton maupun atlet yang berlomba,” ujar Kapoldasu.

Agung mengungkapkan, Polda Sumut selama berlangsungnya F1 Powerboat Danau Toba menerapkan Operasi Kewilayahan didukung Mabes Polri, Kodam I Bukit Barisan beserta jajaran.

“Kita berharap dengan Operasi Kewilayah F1 Powerboat 2024 ini para penonton, masyarakat serta para atlet merasa aman, nyaman dan terkesan selama berada di Toba, Sumatera Utara,” pungkasnya.

Reporter: Jafar Sidik

Puncak HUT PIPAS, Petugas dan Dharma Wanita Lapas Medan Raih Juara I

0

mimbarumum.co.id – Petugas dan Ibu Dharma Wanita Lapas Kelas I Medan yang tergabung dalam Tim PIPAS Daerah Sumut meraih Juara I Lomba Tari Khas Daerah dalam Puncak Peringatan HUT PIPAS Ke-20, kemarin, bertempat di Graha Bhakti Pemasyarakatan.

Selain itu, pada Peringatan HUT ke-20, Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Reynhard Silitonga mengukuhkan Anna Reyhard sebagai Ketua Umum Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (PIPAS).

Dengan mengusung semangat peringatan HUT PIPAS tahun 2024 yaitu “PIPAS Berdikari Beperan Aktif Meningkatkan Potensi Keluarga Yang Tangguh, Kretif, dan Produktif untuk Pemasyarakatan Maju.”

Pada Puncak Peringatan ini juga, PIPAS Daerah Sumatera Utara menampilkan persembahan profesional mengusung kearifan lokal daerah Sumatera Utara yaitu tarian Tor – Tor Sigale- Gale.

Tarian yang menceritakan kegembiraan, setelah adanya patung sigale-gale datang dengan sukacita dengan menggunakan properti seperti ulos, gondang dan baner dengan motif gorga agar lebih menguatakan ciri khas Batak Toba.

Dengan penampilan tarian terbaik, PIPAS Daerah Sumatera Utara, yang terdiri dari Petugas dan Ibu Wanita yang meliputi UPT Lapas Kelas I Medan, Bapas Kelas I Medan, Kanimsus Kelas I TPI Medan, Lapas Perempuan Kelas IIA Medan, Rutan Kelas I Medan dan Rutan Perempuan Kelas IIA Medan akhirnya meraih prestasi Juara I lomba tari di tingkat Nasional tahun 2024.

Sementara itu, Pengurus PIPAS Daerah Sumatera Utara Deisy Maju Siburian yang juga Ketua Dharma Wanita Persatuan Lapas Medan yang turut hadir pada Puncak HUT PIPAS menyampaikan apresiasi dan rasa banggnya.

“Semua rangkaian kegiatan HUT PIPAS berjalan dengan baik, tidak terlepas dari penyertaan Tuhan Yang Maha Kuasa, kita meraih Juara 1 ya Ibu-Ibu, telah berusaha keras baik dalam latihan menaro dan juga dukungan doa dari Ibu Kadivpas, dan semua Ibu-Ibu UPT Pas yang mendukung dan mengambil bagian dalam menyukseskan kegiatan PIPAS Sumut,” jelas Deisy.

“Semuanya boleh berjalan dengan baik dan telah membawa nama baik di tingkat Nasional (PIPAS Indonesia), sekali lagi kami sampaikan terimakasih yang tak terhingga, semoga kebaikan Ibu-ibu, ditambahkan rejeki, kesehatan dan kesuksesan,” pungkasnya.

Reporter : Jepri Zebua

Dorong Lahirnya Calon Inovator Muda,Sampoerna Academy Kembali Gelar STEAM Expo 2024

0

mimbarumum.co.id – Sampoerna Academy berkomitmen untuk membuka pintu menuju masa depan inovatif dan berdaya saing tinggi melalui pendidikan STEAM yang inspiratif dan berkualitas.

Salah satunya melalui penyelenggaraan STEAM EXPO 2024 yang secara serentak diselenggarakan di seluruh sekolah Sampoerna Academy Jakarta, Sentul, BSD, Surabaya, dan Medan. Acara ini merupakan platform untuk menampilkan karya-karya siswa dan menginspirasi lahirnya calon inovator muda yang peka terhadap kebutuhan dan kondisi sekitarnya, seperti isu keberlanjutan, budaya, hingga arsitektural.

Metode pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) merupakan cara mendorong dan membantu siswa untuk mengintegrasikan dan menerapkan pengetahuan di berbagai ilmu, sehingga dapat memfasilitasi mereka berpikir dengan cara yang saling terhubung dan holistik serta dapat langsung menerapkannya pada masalah-masalah yang berorientasi pada kehidupan nyata.

Penerapan metode STEAM Sampoerna Academy dirancang untuk memperkuat lima komponen penting siswa yang disebut 5C (Critical Thinking, Creativity, Communication, Collaboration, and Character) yang dapat memungkinkan siswa menjadi inovator serta pemberi solusi di masa depan.

Mary Jane Luyon-Fajardo selaku Principal of Sampoerna Academy Medan Citra menjelaskan bahwa acara yang digelar setiap tahun ini merupakan suatu wadah untuk menunjukkan perkembangan pembelajaran bagi para siswa.

“Program ini sejalan dengan visi Sampoerna Academy untuk terus mengakselerasi terciptanya pemimpin masa depan yang menjadi pembelajar seumur hidup yang kreatif, berpikir kritis dan problem solver. Kegiatan ini dijadikan sebagai momen bagi para siswa untuk berinovasi dengan menerapkan ilmu selama pembelajaran di sekolah. Tahun ini, para siswa menciptakan karya berbasis STEAM yang terkait dengan kebutuhan dan kondisi yang ada di sekitar, seperti isu keberlanjutan, seni dan budaya, hingga arsitektural,” ungkap Mary Jane.

STEAM Expo 2024 digelar dengan tema ‘Build, Create & Innovate’ secara serentak diadakan di seluruh sekolah Sampoerna Academy Jakarta, Sentul, BSD, Surabaya,dan Medan pada tanggal 1 – 2 Maret 2024 dengan total 700 karya dan 2.000 peserta. Untuk Sampoerna Academy Medan Citra terdapat 201 karya yang didaftarkan dengan beberapa highlight proyek, di antaranya: Van de Graaff Generator, Automatic Planting Vehicle, Vortex Cannon, Optical Illusion Mirror, dan Mini Energy Generator.

Aliaa Mohamed Samaha selaku Science Curriculum Head Sampoerna Academy menjelaskan proses bimbingan para guru kepada para peserta dalam membuat proyek STEAM.

“Para guru melakukan pendampingan penuh kepada siswa selama proses pembuatan proyek. Untuk dapat menentukan tema proyek, kami menstimulasi siswa untuk dapat peka, berpikir kritis dan kreatif dengan melihat permasalahan dari berbagai perspektif berdasarkan kondisi yang relevan dengan saat ini. Kemudian para siswa akan menganalisa dan mengobservasi sehingga dapat menghasilkan suatu inovasi untuk memecahkan masalah. Untuk selanjutnya, kami mengevaluasi proyek secara berkala agar proyek siswa dapat ditampilkan dengan optimal,” jelas Samaha.

Acara ini juga didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI yang sejalan dengan misinya untuk mendukung pembinaan calon inovator muda.

“Kemendikbudristek memiliki program Pusat Prestasi Nasional serta berbagai ajang olimpiade untuk mencari talenta-talenta muda di Indonesia. Kami berharap melalui pembelajaran STEAM dan acara STEAM Expo 2024 yang dilakukan Sampoerna Academy ini, Sumatera Utara bisa menghasilkan inovator-inovator muda yang bisa menjadi pemimpin di masa depan,” ujar Syahdian selaku Ketua Tim Kerja Inovasi dan Transformasi Pembelajaran BPMP Wilayah Sumatera Utara, UPT Kemendikbudristek RI.


Dalam rangkaian acara ini, Sampoerna Academy juga kembali menghadirkan STEAM Inter-School Competition 2024 yang memberikan kesempatan kepada para siswa dari sekolah lain untuk turut berpartisipasi dan berkompetisi dengan metode STEAM. Acara ini diadakan sebagai upaya Sampoerna Academy untuk mendorong minat generasi muda untuk menjadi inovator masa depan melalui pengalaman langsung yang menarik baik dalam konteks pendidikan maupun di luar lingkungan sekolah.


“Kami berharap dengan diselenggarakannya STEAM Expo 2024 dapat menjadi inspirasi bagi lebih banyak anak untuk bisa menjadi inovator muda yang peka terhadap kondisi di sekitar mereka, sehingga mereka menjadi generasi unggul yang mampu membawa masa depan menjadi lebih baik,” tutup Mary Jane.

Reporter : Siti Amelia

Kantongi Bukti Raih Kursi di Dapil III, Paul MAS Siasati Dugaan Pencurian Suara Internal

0
Kantongi Bukti Raih Kursi di Dapil III, Paul MAS Siasati Dugaan Pencurian Suara Internal

mimbarumum.co.id – Anggota DPRD Medan dan Caleg Petahana Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dari daerah pemilihan (dapil) Kota Medan 3, Paul Mei Anton Simanjuntak (Paul MAS) mengklaim telah mendapat perolehan suara dengan kisaran 9.100 suara. Ia pun mengaku memiliki bukti akurat perolehan suaranya.

“Kita telah mendapat suara ke dua terbesar di internal Caleg PDIP di dapil 3. Kalau terjadi pengurangan karena pergeseran suara dengan Caleg lain, itu sudah pelanggaran dan kita memiliki bukti untuk itu,” ujar Paul MAS (foto) kepada wartawan, Kamis (29/2/2024)

Ditambahkan Paul, hasil rekap internalnya hingga saat ini, sudah di kisaran 9100 suara. Dan diyakini akan bertambah karena masih ada kotak suara dari sejumlah TPS belum dihitung di tingkat PPK.

Begitupun, kata Koordinator Saksi PDI Perjuangan Kota Medan itu, pada saat pemantauan ke sejumlah PPK yang ada di dapil Kota Medan 3 yang terdiri dari Medan Perjuangan, Medan Timur, Medan Tembung, dan Medan Deli, ada beberapa temuan dugaan pergeseran suara partai berlambang Banteng moncong putih ke salah satu caleg.

Tanpa menyebut nama calegnya, Paul membeberkan data bahwa pergeseran suara itu sangat mencolok terjadi di TPS 8 Pulo Brayan Bengkel Baru, Medan Timur.

Dimana, di C1 yang berasal dari TPS jumlah suara oknum caleg itu memperoleh 4 suara, namun pada saat C1 plano hasilnya berubah jadi 14.

Ada lagi, sambung Paul, terjadi di TPS 24, Kelurahan Pulo Brayan Bengkel, Medan Timur.

“Hampir sama ada pergeseran suara juga di TPS itu dari hasil pengawasan saksi dalam kita dimana awalnya suara oknum caleg itu 6 di C1 hasil TPS, ditulis di C1 Plano jadi 16 suara, “kesalnya.

Saksi PDIP saat itu telah mengajukan keberatan dengan meminta form D1 keberatan.

Cuma, kata Paul, saat saksi merasa keberatan dengan perhitungan suara lalu minta form keberatan (D1) dikasih oleh petugas PPK Medan Timur. Sementara banyak saksi kami ada beberapa kali merasa keberatan dan minta formulir D1 kepada petugas Medan Perjuangan, petugas mengaku form D1 nya tidak ada. Mereka bilang catat saja dulu keberatannya.

“Padahal, seharusnya form D1 itu di mana TPSnya, Kelurahan apa, harus punya,” ucap Paul yang mengaku curiga dengan sikap oknum PPK Medan Perjuangan yang disinyalir melakukan permainan dengan pihak-pihak tertentu.

Ditegaskannya, bahwa dirinya akan membawa seluruh bukti-bukti indikasi kecurangan dengan adanya pergeseran suara yang diduga dilakukan oknum-oknum tertentu untuk disampaikan ke DPC PDIP Kota Medan.

Dihubungi terpisah, Bendahara DPC PDIP Kota Medan, Boydo HK Panjaitan berharap kepada caleg-caleg PDIP untuk menghindari terjadi gesekan-gesekan dalam proses pengawasan perhitungan suara di tingkat PPK.

Secara tegas, Boydo HK Panjaitan juga meminta kepada caleg-caleg yang merasa dicurangi untuk melengkapi bukti-bukti yang kuat untuk disampaikan ke DPC PDIP Kota Medan.

“Bukti-bukti kuat itu penting karena, agar ada langkah partai untuk memberikan upaya pendampingan baik hukum atau keberatan pada saat rapat pleno pengumuman hasil c1 plano di KPU Kota Medan,” tandasnya.

Reporter : Jafar Sidik

Kompolnas Apresiasi Polda Sumut Gunakan Identifikasi Wajah di F1 Powerboat

0
Kompolnas Apresiasi Polda Sumut Gunakan Identifikasi Wajah di F1 Powerboat

mimbarumum.co.id – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengapresiasi pihak Kepolisian Daerah (Polda) Sumater Utara menggunakan face recognition atau identifikasis wajah di kejuaraan ajang balap perahu motor internasional F1 Powerboat di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

“Tentu teknologi ini kami apresiasi, karena upaya Polda Sumatera Utara untuk memastikan pagelaran even F1 Power Boat ini semakin lebih bagus karena ini tentunya berlanjut,” ujar Komisioner Kompolnas Yusuf Warsyim di Balige, Kabupaten Toba, Sumut, Jumat (1/3/2024).

Menurut Yusuf, pola pengamanan tahun ini ada yang baru karena dengan menggunakan teknologi identifikasi wajah, diharapkan dapat mendeteksi pengunjung agar tkdak ada gangguan.

“Ini sangat membantu personel yang bertugas, untuk melihat pengunjung yang dicurigai seperti terkait tindakan terorisme atau daftar pencarian orang (DPO), teknologi face recognition baru kami temukan,” ucap Yusuf.

Dia menambahkan pengamanan yang baru ini sangat bagus untuk ke depannya, tinggal Polda Sumut terus memperbaiki atau menyempurnakan melalu anev (analisis dan evaluasi).

“Karena kami melihat tahun ini lebih baik dari tahun lalu, kami lihat menjelang perlombaan kesiapan pengamanan sudah 100 persen,” ucapnya.

Menurut Yusuf, ke depan dirinya meyakini dalam pengamanan ajang internasional F1 Powerboat ini Polda bisa mendorong Polres Toba secara mandiri mengelola pengamanannya.

Reporter : R/ Jafar Sidik

Lurah Kampung Baru Dituding Tolak Berkas Warga Tanpa Bukti Lunas PBB, Wakil Ketua DPRD: Jangan Persulit Warga

0
Lurah Kampung Baru Dituding Tolak Berkas Warga Tanpa Bukti Lunas PBB, Wakil Ketua DPRD: Jangan Persulit Warga

mimbarumum.co.id – Wakil Ketua DPRD Medan H. Rajudin Sagala menyesalkan adanya kebijakan sejumlah kelurahan di Kota Medan yang mengharuskan warga menyertakan bukti lunas pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dalam setiap pengurusan di Kelurahan.

“Kita menyesalkan tindakan oknum kelurahan tersebut. Terkait harus adanya bukti lunas PBB itu tidak dibenarkan oleh aturan. Jadi tidak ada aturan tersebut,” tegas Rajudin kepada wartawan di Medan, Kamis (29/2/2024).

Soal aturan tersebut, Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Medan mengatakan bahwa aturan tersebut pernah ada sekitar tahun 2014 atau 2015 namun aturan tersebut telah dicabut DPRD.

“Seingat saya aturan itu pernah ada, tapi sudah dicabut DPRD. Jadi tidak dibenarkan ada aturan tersebut yang dibebankan kepada masyarakat,” katanya.

Mantan Ketua Komisi II ini mengingatkan, aparat kelurahan untuk tidak mempersulit warga terkait segala jenis pengurusan administrasi di kelurahan, baik itu adminduk dan lainnya.

“Jadi kita ingatkan jangan persulit masyarakat,” katanya.

Seperti diketahui, pelayanan buruk ditunjukan aparatur Pemerintah Kota Medan dalam melayani warganya. Lantaran tak menyertakan bukti lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Lurah Kampung Baru MYHS menolak menandatangani berkas warga yang meminta surat keterangan dari kelurahan.

Peristiwa ini dialami RS warga di Jalan Brigjend Katamso Medan, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Medan Maimun, yang hendak meminta surat keterangan lurah terkait bantuan pendidikan untuk anaknya di sekolah. Pihaknya terlebih dahulu sudah menemui Kapala Lingkungan (Kepling) dan meminta surat pengantar untuk pengurusan ke kelurahan.

“Surat pengantar dari Kepling bermaterai sebagai syarat sudah dilampirkan, namun bukti lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tidak dilampirkan karena yang tidak lagi tinggal di rumah tersebut,” kata RS kepada wartawan di Medan, Kamis (29/2/2024) petang.

Pihak kelurahan mengatakan, tidak mau menandatangani karena tak ada bukti lunas PBB. “Pak luarah gak mau neken kalau tak ada bukti luanas PBB, abang cari dulu atau pinjam PBB nya ke rumah yang dulu abang tinggali,” katanya menirukan ucapan petugas di Kelurahan Kampung Baru.

Petugas kelurahan beralasan soal bukti lunas PBB merupakan ketentuan dari pimpinan. “Itu katanya (bukti lunas PBB-red) merupakan kenentuan atau kebijakan dari atasannya,” akunya.

Karena tak ada solusi, warga akhirnya meminta kembali berkas pengajuan ke kelurahan. “Berkasnya saya bawa kembali. Dan pihak kelurahan menyarankan untuk pindah domisili,” katanya.

Reporter : Jafar Sidik

Abdul Haris Lubis Kadis Pendidikan Provsu Geser Asren Nasution

0
Abdul Haris Lubis Kadis Pendidikan Provsu Geser Asren Nasution

mimbarumum.co.id – Penjabat Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin, melantik 13  Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama atau Eselon II dan satu pejabat sebagai fungsional di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman, Medan, Jumat siang (1/3/2024). 

Hassanudin mengatakan rotasi atau mutasi jabatan tersebut merupakan hal biasa dalam sebuah organisasi. Dia optimis, dari penyegaran yang dilakukan ini mampu mewujudkan capaian target dari program pembangunan yang telah dicanangkan dalam APBD Sumut tahun anggaran 2024 ini.

Untuk diketahui, Abdul Haris Lubis sebelumnya menjabat Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provsu dan mantan Kadis PUPR serta Kadis Perhubungan merupakan sosok pejabat eselon 2 yang berpengalaman dan mempunyai rekam jejak (track record) yang baik.

Sedangkan Asren Nasution sudah menjabat di Dinas Pendidikan Provsu selama 1 tahun 10 bulan kini diamanahkan menjadi Kepala Dinas Sosial Provsu. Selama memimpin banyak persoalan pendidikan yang belum tuntas terselesaikan dengan baik.

Dinas Pendidikan Provsu merupakan salah satu dari beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) kategori grade A. Sementara Dinas Sosial Provsu kategori grade B.

Abdul Haris Lubis dipromosikan menjabat Kadis Pendidikan Provsu dengan poin naik kelas di OPD kategori grade A. Sedangkan Asren Nasution selaku Kadis Sosial Provsu harus turun kelas berada di kategori grade B.

Berikut nama-nama pejabat yang dilantik sebagaimana data yang diperoleh dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara:

1. Hasmirizal Lubis sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman.

2. Alfi Syahriza sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Peneltian dan  Pengembangan.

3. Sri Suriani Purnamawati sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana.

4. Manna Wasalwa sebagai Staf Ahli Gubernur Bidang Ekononi, Keuangan, Pembangunan, Aset dan SDA.

5. Harianto Butarbutar sebagai Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah.

6. Juliadi Zurdani Harahap sebagai Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat.

7. Muhammad Rahmadani Lubis sebagai Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah.

8. Ismael Parenus Sinaga sebagai Kepala Dinas Ketenagakerjaan.

9. Abdul Haris Lubis sebagai Kepala Dinas Pendidikan.

10. Asren Nasution sebagai Kepala Dinas Sosial.

11. Mulyono sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

12. Aprilia Haslantini Siregar sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah.

13. Safruddin sebagai Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

14. Marlindo Harahap sebagai Analis Perencanaan pada Bappelitbang.

Reporter : M Nasir

KONJEN MALAYSIA SAMBUT GEMBIRA PELAKSANAAN ASTINDO TRAVEL FAIR SUMUT

0
KONJEN MALAYSIA SAMBUT GEMBIRA PELAKSANAAN ASTINDO TRAVEL FAIR SUMUT

mimbarumum.co.id – Konsul Jenderal Malaysia di Medan Encik Shahril Nizam bin Abdul Malek mengucap Syabas dan tahniah kepada ASTINDO Sumatera Utara dan semua pihak yang terlibat pada ASTINDO Travel Fair SUMUT 2024 atas keberhasilan menyelenggarakan acara ini. Baginya ini merupakan satu inisiatif yang baik dalam usaha mempertemukan pengusaha pelancongan di bawah satu atap bagi menawarkan berbagai pilihan paket pelancongan yang menarik dan terkini.

Memasuki tahun 2024, setelah industri pelancongan terpuruk akibat Pandemik Covid-19. Kini, industri pelancongan sedang dalam masa-masa bergerak cepat untuk bangkit seperti semula. Saat semua orang sudah mulai tidak lagi takut untuk keluar dari rumah dan banyak diantaranya tidak sabar atau kangen untuk melancong sepertu sediakala.

Hubungan diplomatik antara Malaysia dan Indonesia pun telah terjalin hampir 67 tahun lamanya. Hubungan istimewa ini melangkaui batas sempadan dan ianya begitu terbingkai elok dalam aspek kebudayaan, bahasa, etnik, kecenderungan agama dan lain-lain lagi.
karena itulah industri pelancongan mempunyai signifikansi yang amat besar. “Disebabkan kita berjiran, Malaysia merupakan destinasi wisata yang favorit di kalangan rakyat Indonesia. Berdasarkan statistik, pada tahun 2023, lebih 3 juta rakyat Indonesia telah melawat Malaysia. Jumlah ini naik lebih dua kali lipat dari tahun 2022. Indonesia juga merupakan pasaran terbesar wisata medis di Malaysia,” ungkap Shahril Nizam.

Pada tahun 2022, pelancong Indonesia merupakan 87% internasional pasien yang berobat ke Malaysia. Katenanya, Konsul Jenderal Malaysia mengajak masyarakat Sumatera Utara untuk datang berkunjung ke Booth Tourism Malaysia untuk mendapatkan informasi berlibur, berehat, berbelanja, berobat hingga menikmati kuliner dan budaya khas Malaysia.

Booth Tourism Malaysia menghadirkan Maskapai penerbangan nasional Malaysia Airlines yang menawarkan diskon 30% manakala Firefly yang menawarkan special fare IDR850,000 return. Selain itu turut sama ReGen Rehab Hospital Selangor yang merupakan rumah sakit rehabilitasi bagi pasien pemulihan strok, pasca operasi misalnya, operasi jantung, lutut dan lainnya. Ada juga lucky draw disediakan.

Turut serta dari Malaysia juga adalah rumah sakit dari KPJ dan Sunway Medical Centre yang memeriahkan acara kali ini.

Bagi pihak Konsulat Jenderal Malaysia di Medan bersama-sama Tourism Malaysia akan terus bersedia untuk bekerjasama rapat dengan Pihak Berkuasa Indonesia dan Travel-travel agen di Sumatera Utara untuk merancakkan trafik pelancongan Malaysia-Indonesia.

“Semoga sasaran ketibaan 27.3 juga pelancong asing ke Malaysia tahun 2024 dapat dicapai dengan kerjasama ini,” pungkas Shahril Nizam.

KPJ Healthcare Group Tawarkan Paket Spesial

KPJ Healthcare Group, penyedia layanan kesehatan terkemuka di Malaysia, mempersembahkan penawaran istimewa di Astindo Fair 2024 pada 29 Februari – 3 Maret di Delipark Mall Medan. Tiga rumah sakit unggulan dari KPJ Healthcare Group, yaitu Rumah Sakit Spesialis KPJ Penang, Rumah Sakit Spesialis KPJ Damansara, dan Rumah Sakit KPJ Ampang Puteri, akan menawarkan paket-paket spesial bagi pengunjung pameran.
Astindo Fair 2024 menjadi ajang yang tepat bagi KPJ Healthcare Group untuk memperkenalkan beragam layanan kesehatan andal mereka kepada masyarakat.

Dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya perawatan kesehatan berkualitas, KPJ Healthcare Group akan mempersembahkan paket-paket yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat dengan harga yang terjangkau.

Masing-masing dari ketiga rumah sakit ini merupakan pusat keunggulan dalam berbagai bidang spesialisasi, termasuk Kanker, Jantung, Urologi, Tulang, Penyakit Perempuan dan anak, Robotik, Laparoskopi dan Bedah Minimal Invasif dan Paket-Paket Deteksi Dini Penyakit.

Selain itu, KPJ Healthcare Group menawarkan tim dokter yang berpengalaman dan berkualitas tinggi di setiap bidang spesialisasi. Belum lama ini, RS KPJ Damansara Specialist Hospital juga menjalin kerjasama dengan Mayo Clinic Care Network, yang menambahkan kepercayaan dan keunggulan dalam pelayanan medis mereka.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik dengan kualitas tinggi dan kepuasan pelanggan yang optimal. Melalui partisipasi kami di Astindo Fair 2024, kami berharap dapat lebih mendekatkan diri dengan masyarakat dan menyediakan pemahaman yang lebih baik mengenai pentingnya perawatan kesehatan yang berkualitas,” ujar Eric Beh, Corporate Manager, Health Tourism Group KPJ Healthcare.

KPJ Healthcare Group mengundang semua pengunjung Astindo Fair 2024 untuk mengunjungi stan mereka dan mengetahui lebih lanjut tentang paket-paket spesial yang ditawarkan. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mendapatkan akses kepada perawatan kesehatan berkualitas dari rumah sakit terkemuka di bawah naungan KPJ Healthcare Group.

Reporter : Rizanul Arifin

Lapor Jenderal!! Pengelola Judi Tembak Ikan di Wilkum Polsek Delitua Makin Berkibar dan Aman-aman Saja

0

mimbarumum.co.id – Diduga mafia bisnis ilegal perjudian semakin berkibar membuka lokasi praktik perjudian di sejumlah wilayah padat penduduk di Kota Medan khususnya di wilayah hukum Polsek Delitua.

Hal itu diduga seperti lokasi judi yang berada di Jalan Parang l, Jalan Parang ll dan llI Padang Bulan,
Kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor, serta di Simalingkar B Samping Alfamart, Gang Sekolah, tempat tersebut ramai dikunjungi karena terdapat perjudian jenis tembak ikan yang sangat menggiurkan.

Warga yang berada di sekitar lokasi sebut saja Putri menuturkan perjudian ini sudah berbulan-bulan beroperasi atau eksis, namun belum ada tindakan tegas dari Kepolisian setempat.

“Sudah sebulan lebih gitu, Bang ini. Aman-aman aja. Kayaknya harus viral dulu agar pengelola judinya ditangkap polisi,” ujar Putri kepada wartawan, Kamis (29/02/2024).

Putri juga menyatakan keberadaan lokasi judi ini sudah sangat meresahkan ditengah-tengah masyarakat, pasalnya akibat yang ditimbulkan peredaran narkoba dan lokalisasi perjudian ini kerab menimbulkan kecanduan yang dapat memicu adanya pencurian atau maling di tengah warga.

Ia berharap agar Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi Kapolrestabes Medan Kombes Pol Teddy Sahala Marbun segera menggerebek lokasi perjudian tersebut biar tidak menimbulkan stigma negatif.

Berdasarkan informasi yang diterima awak media, kuat dugaan pengelola judi tersebut mempunyai sejumlah tempat/titik yang berdekatan dengan Polsek Delitua.
Adapun titik atau lokasi perjudian yang tetap eksis itu, pertama, di Jalan Bakti/Koramil, kedua, Jalan Pajak Kamis Delitua tepatnya di sebuah warung dan ketiga, kawasan Lembah Komplek China dekat Kolam Ikan.

Reporter: Rasyid Hasibuan