Facebook Mau Hapus Tombol Like, Kenapa?

mimbarumum.co.id – Facebook dikabarkan tengah melakukan pengujian untuk merombak tampilan Page (Halaman) serta tools baru yang memudahkan bagi profil Facebook mengelola akun bisnis, media, organisasi ataupun tokoh publik.

Yang paling tampak dari perombakan ini adalah dihilangkannya tombol Like (suka). Hilangnya tombol Like bertujuan agar pengguna Facebook tidak lagi bingung antara tombol Like dan Follow.

Pada saat ini, pengguna Facebook diberikan dua pilihan Like dan Follow untuk sebuah Page. Jika pengguna hanya mengklik Like, ia juga bisa tidak perlu untuk mengikuti akun ini namun artinya ia tak bisa melihat update berita baru dari Page tersebut.

Baca Juga : Daftar 25 Aplikasi Android yang Bisa Curi Akun Facebook

Sebaliknya jika ia mengklik Follow atau ikuti maka pengguna akan mendapatkan berita-berita terbaru dari Page yang mereka ikuti yang terdapat pada beranda mereka.

Oleh karena itu pada tampilan baru ini, Facebook hanya akan memberikan satu pilihan yakni Follow atau ikuti untuk melihat postingan Page di beranda.

“Tes ini adalah hasil umpan balik dari pemilik Halaman dan pengguna umum dan yang mengikuti lebih konsisten dengan platform sosial lainnya. Instagram Facebook juga menggunakan tombol mengikuti” kata Perwakilan Facebook yang dilansir detikINET dari Digital Trends.

Selain itu admin pemegang Page juga akan memiliki akses ke umpan Berita yang memungkinkan bisnis dan tokoh pubilik untuk berinteraksi sebagai Halaman mereka alih-alih profil pribadi mereka. Saat ini, interaksi Halaman terbatas pada komentar dan kiriman di Halaman asli.

Namun, dengan umpan berita Halaman khusus, akun Halaman dapat menyukai dan mengomentari kiriman dari orang lain. Perubahan ini memungkinkan Halaman untuk berpartisipasi dalam diskusi, yang dapat membantu Halaman untuk merasa kurang seperti percakapan satu sisi. (dtc)

Editor : Dody Ferdy