Daftar 25 Aplikasi Android yang Bisa Curi Akun Facebook

mimbarumum.co.idGoogle menghapus 25 aplikasi berbahaya dari Play Store. Tindakan itu dilakukan setelah firma keamanan siber Evina menemukan bukti 25 aplikasi itu mengandung malware yang bisa mencuri akun Facebook pengguna ponsel.

Daftar aplikasi yang dihapus mencakup aplikasi senter, pedometer, hingga editor gambar. Namun, semua aplikasi berbahaya itu pada dasarnya adalah aplikasi yang sama.

Melansir Life Hacker, seluruh aplikasi yang dihapus oleh Google itu sengaja membuat fitur dan tampilan yang berbeda untuk mengelabui penggunanya. Namun, Evina menyebut seluruh aplikasi itu berisi kode berbahaya yang dibuat untuk mencuri informasi login Facebook.

Modus aplikasi itu dalam mencuri data adalah dengan mengarahkan pengguna untuk membuka Facebook. Akan tetapi, tampilan Facebook tersebut ternyata palsu dan akan menyalin id hingga kata sandi.

Aplikasi yang dihapus dari Play Store secara otomatis akan hilang dari ponsel Android. Akan tetapi, pemilik ponsel diminta untuk memeriksa ulang.

Jika ternyata diretas, pemilik ponsel harus mengatur ulang kata sandi Facebook dan memperbarui pengaturan keamanan, misalnya mengaktifkan two-factor authentication.

Melansir ZDNet, 25 aplikasi berbahaya itu sudah banyak diunduh oleh pengguna Android. Berdasarkan laporan, total pengunduh seluruh aplikasi tersebut sebanyak 2,34 juta.

Evina menyebut data yang dicuri dari pengguna Android dikirim ke sebuah server milik pelaku kejahatan siber. Namun, Evina menyatakan bahwa 25 aplikasi berbahaya yang berbeda itu hanya dibuat oleh satu pihak.

Berikut daftar 25 aplikasi berbahaya yang sudah dihapus Google Play Store:

Junk file cleaning
Super Wallpapers Flashlight
iPlayer & iWallpaper
Wallpaper Level
Padenatef
Contour level wallpaper
Video Maker
Collor Wallpapers
Pedometer
Solitaire Game
Super Bright Flashlight
Super Flashlight
Powerful Flashlight
Composite Z
Accurate scanning of QR code
Classic card game
Wuxia Reader
Anime Live Wallpaper
Synthetic Z
File Manager
com.tqyapp.fiction
Screenshot Capture
Daily Horoscope Wallpapers
Plus Weather
iHealth Step Counter. (cnni)

Editor : Masrin