Selasa, Juli 23, 2024

Buka MTQ YHA ke-4, Ijeck Menangis Kisahkan Amanah Sang Ayah

Baca Juga

mimbarumum.co.id – Musabaqah Tilawah Alquran (MTQ) Yayasan Haji Anif (YHA) memasuki tahun keempat. Gelaran yang sekaligus memperingati milad Almarhum H Anif bin H Gulrang Shah ini dibuka langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah di Masjid Al-Musannif Cemara Asri, Deliserdang, Kamis (23/3/2023) malam.

Kesempatan itu, Musa Rajekshah yang juga menjabat Ketua YHA mengisahkan kembali perjalanan MTQ yang digagas almarhum ayahnya. Ia pun tak dapat menahan tangis, sembari berharap dapat terus melanjutkan amanah almarhum ayahnya menggelar MTQ, agar generasi muda di Indonesia, khususnya Sumut menjadi generasi yang cinta Alquran.

“MTQ ini amanah dari almarhum dari awal untuk pelaksanaan MTQ, sekalian memperingati ulang tahunnya, dia menginginkan anak-anak, generasi ke depan cinta Alquran, dapat membaca Alquran dengan benar dan bisa memaknai isi kandungan dalam Alquran, sehingga generasi ini tidak hanya berilmu dunia tapi juga mempunyai bekal akhirat,” ujar Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah, usai membuka MTQ Tahfizh Alquran dan Sholawat Asyghil YHA ke-4 dalam keterangan tertulis.

Lanjut Ijeck, MTQ ini pertama kali hadir di tahun 2019, dan dilanjutkan tahun 2020, 2022 dan yang keempat di tahun 2023.“Sebelumnya setiap memperingati kelahirannya, orang tua kami memberi santunan saja tapi di tahun 2019 minta tambahkan buat acara MTQ, pesannya saat itu harus semeriah mungkin, dengan hadiah sebaik mungkin,” kisahnya.

Dalam sambutannya, Ijeck mengaku tahun kedua dan ketiga MTQ penuh tantangan karena berhadapan dengan Pandemi Covid-19. Bersyukur MTQ kedua bisa tetap dilaksanakan, sementara itu tahun ketiga acara diganti dengan Sayembara Desain Arsitektur Masjid Al-Musannif.

“MTQ kedua, pertama kali juga mulailah Covid dan saya ingat betul pendaftaran sudah mulai dan peserta dari luar provinsi sudah mulai datang, kita rapat dan kita putuskan untuk melanjutkan, saya bilang yakinlah kita Allah pasti lindungi dan akhirnya acara berlangsung dengan lancar, tahun 2021 acara diubah jadi sayembara desain masjid, dan tahun 2022 almarhum orang tua kami tidak sempat melihat karena sudah berpulang,” ujar Ijeck menangis.

Almarhum H Anif Wafat pada hari Rabu, Tanggal 25 Agustus 2021 lalu. Ijeck berharap ia bersama keluarga bisa terus melanjutkan amanah almarhum. “Kami keluarga anak, cucu, keturunan memohon doa dari semua yang hadir di sini agar bisa terus melanjutkan amanah orang tua kami ini, melaksanakan Musabaqah Tilawah Alquran. Alhamdulilah acara ini bertepatan di bulan Ramadan, semoga mendapat keberkahan dari Allah SWT,” harapnya.

Paman Ijeck, Rahmat Shah juga turut mengucapkan syukur dan terima kasihnya kepada seluruh jemaah yang hadir memeriahkan gelaran MTQ ini. “Terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada kami. Selain dari MTQ ini semoga kita semua bisa terus berbuat untuk umat dan bangsa ini, berbuat kebaikan sekecil apapun kepada siapapun, dimanapun kita berada,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Sugeng Wanto menyampaikan, jumlah peserta MTQ tahun ini sebanyak 1.000 orang. Selain MTQ, tahun ini ada satu cabang eksibisi yaitu Sholawat Asyghil.

“Tilawah Alquran kanak-kanak putra 200 orang kemudian tilawah kanak-kanak putri 200 orang, kemudian Hifzil Quran kanak-kanak putra 200 orang dan putri 200 orang. Sholawat Asyghil juga berjumlah 200 orang terdiri dari 40 grup 1 grup berjumlah 5 orang untuk itu event ini diikuti 1.000 orang peserta,” ujarnya.

Lanjut Sugeng, salah satu keistimewaan MTQ YHA kali ini jatuh pada bulan suci Ramadan. “Maka event kita ini dalam kelimpahkan berkah, keridaan Allah. Semoga dengan event ini Allah menerangi kubur Almarhum Bapak Haji Anif dengan cahaya Alquran dengan kemuliaan ramadan,” tutupnya.

Tampak hadir dalam acara, adik, anak hingga cucu Almarhum H Anif, Tokoh Agama KH Muhammad Syauqi MZ, Buya Amiruddin MS, KH Zulfiqar Hajar, Prof Muhammad Syahnan, Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution, Sekdaprov Sumut Arief S Trinugroho, Rektor UNIVA M Jamil, Kepala Bank Indonesia Sumut Doddy Zulverdi, Kepala BKKBN Sumut M Irzal, Ketua PWNU Sumut Marahalim Harahap dan lainnya.

Reporter : Siti Amelia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Rutan Kelas I Ikuti Zoom Virtual Rapat Rencana Kerja Peringatan Hari Pengayoman

mimbarumum.co.id - Dalam rangka menyambut Hari Pengayoman ke-79 yang jatuh pada 19 Agustus mendatang, Rumah Tahanan Negara Kelas I...

Baca Artikel lainya