Bobby Ajak Mahasiswa IMM Ubah Cara Pandang Pertanian

mimbarumum.co.id – Calon Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan membangun ketahanan pangan di era pandemi, yang pertama kali harus dilakukan adalah memgubah cara pandang mahasiswa akan pertanian.

Hal itu dikatakannya dalam diskusi dengan mahasiswa di Hotel Saka, Selasa (15/9/2020).

“Kalau pertanian ini masih dianggap kerja para orangtua tak bakal ada ketahanan pangan. Anak-anak muda harus bisa menjadikan pertanian ini sebagai ketahanan pangan yang menjanjikan,” ucapnya.

Kata Bobby, mahasiswa, memiliki tanggungjawab lebih terhadap nasib masyarakat. Sebagai agent of change atau agen perubahan, mahasiswa harus memberikan banyak kontribusi kepada hajat banyak orang, termasuk dalam pembangunan ekonomi masyarakat.

Baca Juga : Gelora Sumut Serukan Umat Bersatu

Dia pun mengapresiasi IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) yang mengajak teman-temannya untuk meningkatkan ketahanan pangan di era pandemi ini. Satu cara yang diusulkan Bobby adalah menanam hortikultura di perkotaan dengan konsep hidroponik.

“Jadi pemanfaatan lahan-lahan sempit untuk membudidayakan tanaman hortikultura dengan sistem hidroponik. Langkah ini cukup berhasil di beberapa negara dengan tingkat ketahanan pangan tinggi, seperti Jepang,” terangnya.

Dalam kesempatan ini, Akademisi UMSU, Albara mengungkapkan dalam ketahanan pangan, berbicara pertanian satu rumpun dalam ekonomi.

“Makanya, kita harus mencari pemimpin yang mengetahui dan mengerti bisnis ketahanan pangan. Sehingga bisa memberikan ide brilian dan melakukan langkah produktif untuk membangun ketahanan pangan, khususnya di Kota Medan,” terangnya.

Senada Akademisi Pertanian dari Universitas Asahan, Rita Mawarni menjelaskan memang ada kekhawatiran pandemi dapat menyebabkan ketahanan pangan berkurang.

“Tapi ternyata pemerintah dapat menjaga kestabilan pangan hingga hari ini,” pungkasnya. (rel)

Editor : Dody Ferdy