Aceh Tamiang Capai Urutan Pertama Serapan ADD di Aceh

mimbarumum.co.id – Kabupaten Aceh Tamiang berada diurutan pertama dalam capaian serapan Anggaran Dana Desa (ADD), yakni sebesar 94,28% di Provinsi Aceh.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat Kampung Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Sejahtera (DPMKP2-KS) Kabupaten Aceh Tamiang, Mix Donal SH, Senin (16/03/2020) mengatakan, berdasarkan data progres percepatan dana desa tahun 2020 per 13 Maret 2020.

“Kabupaten Aceh Tamiang berada di urutan tertinggi dalam penyaluran Dana desa tahap pertama,” ungkapnya.

Tambahnya, dari total Rp 173 miliar lebih, untuk 213 desa di Aceh Tamiang, sudah terealisasi sebesar Rp65 miliar lebih untuk 202 desa dengan persentase realisasi sebesar 94,84 persen.

Baca Juga : Dana Desa Rp 143 Juta Penanaman Pipa Mubajir, Kades Pardugul Dilaporkan

“Dengan tingginya realisasi dana desa ini, artinya program-program atau percepatan pembangunan di desa telah berjalan,” papar Mix Donal.

Ia menilai, capaian 94,28 persen serapan dana desa di Aceh Tamiang tersebut, menjadi Kabupaten ini berada di urutan pertama, kemudian menyusul Kabupaten Gayo Lues di urutan kedua dengan realisasi sebesar 71,32 persen.

“Sedangkan pada urutan ketiga adalah Kabupaten Simelu yang telah merealisasikan 60,14 persen. Sementara ada 3 Kabupaten yang sama sekali belum mencairkan Dana Desa Tahap 1,” paparnya lagi.

Tak hanya itu, 2020 ini, dana desa akan dibagi menjadi tiga tahap, dimana pada tahap pertama sebesar 40 persen, tahap kedua 40 persen dan tahap ketiga 20 persen, khusus ditahap pertama ini kita berada di urutan tertinggi penyalurannya.

“kita juga sedang mengupayakan percepatan realisasi dana desa tahap kedua, sekaligus juga kita melakukan monitoring dan evalusasi (munev) terkait realisasi penyaluran dana desa tahap pertama di 213 desa,”jelas Kadis DPMKP2-KS.

Reporter : Burhan Rangkuti

Editor : Dody Ferdy