Masyarakat Bagas Godang Sayurmatinggi Nyatakan Berjuang Menangkan Bobby – Surya

Berita Terkait

- Advertisement -

mimbarumum.co.id – Sejumlah harajaon dan masyarakat bagas godang di Tapanuli Selatan dan Kota Padangsidimpuan, Kamis (17/10/2024) deklarasi mendukung calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Utara nomor urut 1, Bobby – Surya.

Di antara bagas godang yang telah menyatakan dukungan itu, yakni Bagas Godang Sayurmatinggi, Muara Tais dan Bagas Godang Losung Batu. Masing-masing harajaon-nya mewakili masyarakat adat bermarga Pulungan, Dalimunthe dan Harahap.

“Dengan segala kerendahan hati, penuh harapan atas rahmat dan ridho Allah, Tuhan Yang Maha Esa. Kami, masyarakat Bagas Godang Sayurmatinggi, menyatakan dukungan dan siap berjuang memenangkan Bobby dan Surya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Utara,” tutur Baginda Mulia Parlaungan.

Begitu juga dengan Sutan Raja Soaduon di Bagas Godang Muara Tais dan Raja Parhimpunan di Bagas Godang Losung Batu. Masing-masing mereka bersama masyarakat Bagas Godang mendeklarasikan dukungan yang disampaikan kepada Relawan Barisan Nusantara (BN), relawan pemenangan Bobby-Surya di Tapanuli Bagian Selatan.

- Advertisement -

Bobby Nasution memiliki gelar adat Sutan Porang Gunung Baringin Naposo. Dalam Pemilihan Gubernur Sumut (Pulgubsu) 2024 ini, Bobby dinilai sangat layak memimpin Sumut, dan akan lebih dekat dengan masyarakat adat di Tabagsel yang beretnis Angkola-Mandailing. Ke depan harapannya, Bobby Nasution akan membawa pelestarian budaya, dan pembangunan di daerah ini dengan kolaborasi bersama.

Ketua Relawan BN Tabagsel Muhammad Iqbal Harahap menyambut dukungan itu. Kemudian berjanji akan menyampaikan poin-poin harapan harajaon dan masyarakat adat, kepada Bobby Nasution.

“Dan ini sejalan dengan visi-misi Sumut Berkah. Memperkuat ketahanan sosial dan budaya untuk membangun masyarakat Sumut yang tangguh. Artinya, budaya kita yang baik lestari, tentu akan berdampak juga pada pembangunan SDM dan ekonomi masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Iqbal juga berharap, komunikasi yang baik terus terjaga antar bagas godang di Tabagsel. Menghasilkan ide-ide pembangunan yang bersinergi dengan pemerintah.

Nusantara pada awalnya terdiri dari kerajaan-kerajaan yang melebur menjadi NKRI. Dan sampai saat ini, struktur masyarakat adat Angkola-Mandailing menempatkan harajaon sebagai pemimpin dan teladan dalam kehidupan sosial-budaya kita.

“Ini kearifan yang harus dirawat. Dan harajaon kita tentu menginginkan kemajuan daerah Tabagsel, dengan menetapkan pilihan pada Bobby Nasution, yang merupakan halak hita,” terang Iqbal.

Dengan semangat kolaborasi yang sama. Beberapa harajaon dan bagas godang di daerah lainnya, imbuh Iqbal, telah menyatakan dan akan segera mendeklarasikan dukungan untuk Bobby-Surya, sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut.

Reporter : Rizal Oloan Nasution

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
spot_img
spot_img
spot_img

Berita Pilihan

BAN PT Menetapkan UGN Peroleh Akreditasi B

mimbarumum.co.id - Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) sesuai dengan surat keputusan nomor 1879/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/PT/X/2024 menetapkan Universitas Graha Nusantara...