Olahan Ikan Laut Produk Unggulan SMKN 1 Lumut

Berita Terkait

- Advertisement -

mimbarumum.co.id – Tampil di Pameran Produk Tahun 2023 di Lapangan Upacara Kantor Gubsu pekan lalu, SMK Negeri 1 Lumut Tapanuli Tengah menarik dilihat pengunjung. 

Tak lain karena ada olahan hasil laut disitu. Yang pengemasannya sudah memakai standar baku.

Disitu ada ikan lele yang sudah diasapin, ikan teri halus, ikan teri jambal. Ada juga yang sudah diolah seperti banget.

Fredy Simamora guru SMK 1 Lumut mengatakan, melihat letak geografis Sibolga yang berdekatan dengan laut. Maka mau tak mau sekolah harus membuka jurusan yang berhubungan dengan hasil tangkap.

- Advertisement -

Maka dibukalah jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar (APAT). Disamping jurusan lainnya seperti, Teknik Kenderaan Ringan (Otomotif), Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Bisnis dan Sepeda Motor, Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran dan Akuntansi Keuangan Lembaga.

Maka jangan heran, sekolah yang berdiri tahun 2008 sudah memiliki 700 orang lebih siswa. Dengan jurusan andalan APAT. Menurutnya, di sekolah mereka juga memiliki tambak pengelolaan ikan air tawar dan hasilnya cukup lumayan dan sudah beberapa kali panen.

Sedangkan ikan teri halus dan ikan teri jambal mereka sengaja mendatangkan dari nelayan. Setelah diolah dan dikemas dalam kemasan yang cantik dan bersih, baru dipasarkan. Meski dalam jumlah yang terbatas. Ke depan, APAT pasti menjadi jurusan paling banyak diminati, karena langsung berhubungan dengan dunia bisnis yang banyak digeluti pengusaha di Sibolga.

Kepala SMKN 1 Lumut, Drs Sumarno M.Si mengatakan, untuk memgimplementasikan tanggung jawab yang dibebankan kepada pihaknya akan menerapkan paradigma baru dalam kegiatan belajar mengajar yakni, pembelajaran yang berorientasi pada penguatan kompentensi dan karakter.

“Kita siap untuk menjadi meteor  penggerak bagi sekolah lainnya dalam peningkatkan kualitas dan kinerja, sehingga mampu mencapai standar dunia kerja. Phaknya juga akan fokus pada penguatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, serta mendekatkan sektor pendidikan dengan dunia kerja profesional sekaligus menjalin  kemitraan dengan dunia industri,” paparnya.

Namun, sebagai salah satu SMK terpilih, SMKN 1 Lumut memiliki tanggung jawab yang harus mampu menjadi rujukan dan pengimbasan dalam mendorong peningkatan kualitas dan kinerja SMK di sekitarnya.

Reporter : M Nasir

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Berita Pilihan

Humas USU Torehkan Prestasi Raih Penghargaan Media Relations Awards 2024

mimbarumum.co.id - Universitas Sumatera Utara (USU) melalui Kantor Hubungan Masyarakat (Humas), Protokoler dan Promosi kembali mencatatkan prestasi gemilang di...