Kejati Sumut Lakukan Pemeriksaan Tiga Tersangka Kasus Korupsi SMKN 2 Padang Sidempuan

Berita Terkait

- Advertisement -

mimbarumum.co.id – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Utara (Sumut) melakukan pemeriksaan terhadap 3 (tiga) tersangka dalam kegiatan pembangunan ruang praktek siswa (RPS) Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan Teknik Audio Video pada SMK Negeri 2 Padang Sidempuan. Oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Tahun Anggaran 2021 dengan inisial HTL, BP, dan MT, bertempat di Ruang Pemeriksaan Kejati Sumut, Kamis (15/12/2022) pukul 09.00 Wib.

Sebelumnya para tersangka terlibat dalam dugaan tindak pidana korupsi pembangunan ruang praktik siswa pada SMKN 2 Padang Sidempuan dengan dugaan kerugian Negara sebesar Rp. 314.251.000 namun untuk nominal yang pasti masih menunggu perhitungan oleh Kantor Akuntan Publik, jelas Kepala Kejaksaan Padang Sidempuan Jasmin Manullang melalui Kasi Intel Yunius Zega kepada Wartawan.

Yunius Zega menyampaikan, tersangka HTL merupakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), tersangka BP merupakan direktur CV Janur Perkasa Lestari sebagai pihak penyedia dan tersangka MT merupakan direktur CV Enconars Inti Mandiri sebagai pihak konsultan pengawas.

Sebelumnya, tim Penyidik Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Padang Sidempuan menemukan fakta bahwa dalam pembangunan 2 Ruang Pratik Siswa di SMKN 2 Padang Sidempuan, PPK tidak pernah melakukan pemeriksaan pekerjaan ke lapangan bersama konsultan pengawas, kemudian pihak penyedia tidak melaksanakan pekerjaan sesuai kontrak dimana pekerjaan yang dilakukan tidak selesai pada waktunya serta pencairan dana tidak sesuai dengan fakta dilapangan,” ucap Yunius.

- Advertisement -

Untuk itu Tim Penyidik masih menggali lebih dalam keterlibatan ketiga tersangka serta keterangan saksi-saksi yang saling berkaitan. Serta terhadap para tersangka tidak dilakukan penahanan. Dikarenakan masih di anggap cooperative dalam setiap pemeriksaan sesuai dengan keterangan ketua tim penyidik yus iman harefa yg sekaligus sebagai kasi pidsus kejaksaan negeri padang sidempuan,” paparnya.

 

Reporter : Julpan Tambunan

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
spot_img
spot_img
spot_img

Berita Pilihan

Kapolres Sidimpuan Bersama PWI Tabagsel Mengedepankan Program Manajemen Media

mimbarumum.co.id - Kunjungan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tapanuli Selatan Bagian Selatan (Tabagsel) ke Polres Padangsidimpuan berdiskusi tentang mengedepankan program manajemen...