Sabtu, Juli 20, 2024

3 Ribu Runner Meriahkan BMPD Medan Run 2024 

Baca Juga
mimbarumum.co.id – Lina Lu menjadi salah satu potential winner dalam BMPD Medan Run 2024. Perempuan 45 tahun ini berhasil menyelesaikan marathon 10K hanya dalam waktu 48 menit dalam ajang BMPD Medan Run 2024 di Lapangan Benteng Medan, Minggu (7/7/2024).
Rona bahagia pun terpancar dari wajah Lina Lu saat mencapai garis finish. Latihan yang dijalani bersama komunitas Long Distansi Runners (LDR) selama ini tidak sia-sia, terbayar dengan kegiatan BMPD hari ini.
“BMPD, buat lagi sekali untuk kita semua,” ucap perempuan yang sudah memasuki dunia lari sejak tahun 2017 ini.
Sementara Ketua Panitia BMPD Medan Run 2024, Andrianta Tarigan, mengatakan, dari sekitar 3 ribu pelari, sebanyak 2.500 pelari secara resmi terdaftar. Sementara sekitar 500 pelari lainnya berasal dari unsur Forkopimda, tamu undangan dan juga sponsor.
Dengan animo yang cukup tinggi ini kata Andrianta, kemungkinan bisa digelar kembali di tahun depan dengan jumlah peserta yang diharapkan lebih banyak.
“Apalagi tadi saat berbincang dengan Pengurus Provinsi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumatra Utara (Sumut), kegiatan seperti ini kan bisa menjadi ajang mencari bibit baru atau talent scouting,” ujar Andrianta saat ditemui di Lapangan Benteng, yang menjadi lokasi kegiatan.
Andrianta yang bisa dipanggil Anta, menyebutkan, dari peserta yang ikut, sekitar 20 peserta merupakan atlet binaan Pengprov Sumut.
“Walau kita memang belum membedakan kategori atlet, hanya berdasarkan jarak tempuh yakni 5 dan 10 kilometer,” sebutnya.
Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Sumut Arief Sudarto Tri Nugroho secara resmi melepas peserta BMPD Medan Run 5K/10K, di depan DPRD Sumut persisnya bersebelahan dengan Lapangan Benteng Jalan Imam Bonjol Medan.
Pelaksanaan BMPD Medan Run 5K/10K ini bagian dari rangkaian kegiatan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBBWI) dan Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) 2024.
Pelepasan seribuan peserta BMPD Medan Run dari berbagai daerah di Sumut tersebut sekitar pukul 06.00 WIB, disaksikan Deputi Bank Indonesia Sumut, Dandim 0201 Medan, Haerd Manager BRI, BTN.
Adapun rute kategori 5K, yakni Jalan Imam Bonjol (Lapangan Benteng) – Letjen Suprapto, Guru Patimpus – Maulana Lubis dan finish di Lapangan Benteng.
Sedangkan kategori 10K, Jalan Imam Bonjol (Lapangan Benteng) – Letjen Suprapto, Guru Patimpus- Gatot Subroto – Iskandar Muda-Gajah Mada- S Parman -Sudirman- P Diponegoro- Kapt Maulana Lubis- finish Jalan Imam Bonjol (Lapangan Benteng).
Sekda Provsu Arief Sudarto Tri Nugroho mengapresiasi pelaksanaan BMPD Medan Run 2024. Dia juga mengharapkan, kegiatan seperti ini tetap dilanjutkan dan dijadikan sebagai program tahunan.
“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan antusias masyarakat cukup tinggi mengikuti semua rangkaian dari awal hingga akhir,” ujarnya.
BMPD Medan Run 2024 turut menggandeng komunitas lari di Kota Medan. Di antaranya, RunMDN, Runvolution, Banana Runners, Medan Merdeka Runners, 246 Rosdrunners dan RUNKTL.
Reporter : Siti Amelia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Skenario Menggagalkan Dolly Pasaribu Maju Calon Bupati Tapsel Jalur Independen

mimbarumum.co.id - Pemilihan Calon Bupati Tapanuli Selatan akan digelar pada 27 November 2024 mendatang. Sederet cara pun dilakukan oleh orang-orang...

Baca Artikel lainya