XL Axiata Terus Perkuat Jaringan Data di Sumatera

Berita Terkait

- Advertisement -

mimbarumum.co.id – Layanan data PT XL Axiata tbk (XL Axiata) di Sumatera terus mengalami pertumbuhan. Saat ini, jumlah pelanggan di wilayah Sumatera mencapai lebih dari 21% dari total pelanggan XL Axiata.

Dari jumlah tersebut, lebih dari 93% di antaranya merupakan pelanggan data dengan pertumbuhan trafik data dalam 2 tahun terakhir di seluruh Sumatera meningkat hingga 84%.

Menyikapi pertumbuhan tersebut, XL Axiata terus perkuat jaringan data di hampir seluruh wilayah Sumatera, hingga ke area-area yang termasuk remote area, terutama jaringan 4G. Total jaringan 4G XL Axiata di seluruh Sumatera dan kepulauan sekitarnya sudah menjangkau lebih dari 20.100 desa/kelurahan, 1.700 kecamatan, dan 150 kota/kabupaten.

Dalam keterangan tertulisnya, Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan, peningkatan permintaan pelanggan dan masyarakat Sumatera terhadap layanan data XL Axiata sangat tinggi dan terus meningkat. Ini terjadi hampir merata di semua provinsi. Secara umum tingkat literasi digital juga terus meningkat, yang selanjutnya disusul pemahaman yang bertambah, atas manfaat positif dari layanan data dan internet cepat. Apalagi, XL Axiata tidak henti menawarkan manfaat lebih bagi pelanggan.

- Advertisement -

“Oleh karena itu, dalam dua tahun terakhir, XL Axiata konsisten memperkuat jaringan data ke semua provinsi, termasuk ekspansi ke area baru, serta meningkatkan kualitas jaringan dengan fiberisasi serta penerapan teknologi baru,” jelas dia.

Desy menambahkan, total BTS seluruh Sumatera ada lebih dari 33.800 BTS, termasuk lebih dari 21.400 BTS 4G. Saat ini, lebih dari 63% di seluruh Sumatera sudah terfiberisasi. Pembangunan jaringan baru dan fiberisasi akan akan terus berlanjut di sepanjang tahun 2023 ini dan tahun-tahun ke depannya.

Dalam 2 tahun terakhir, penambahan BTS 4G oleh XL Axiata lebih dari 9.000 BTS tersebar di seluruh area Sumatera, dengan jumlah penambahan terbanyak di Kabupaten Deli Serdang, Kota Medan, Kabupaten Langkat, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Kota Pekanbaru, dan Kabupaten Lampung Selatan, yang disesuaikan dengan tingginya kebutuhan data yang terus meningkat di area tersebut.

Beberapa provinsi di Sumatera dengan peningkatan trafik penggunaan layanan data tertinggi adalah Provinsi Lampung, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Riau.

Khusus Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), XL Axiata telah menjangkau lebih dari 90% wilayah, yang mencakup lebih dari 235 desa dan 53 kecamatan di 7 kota/kabupaten. Hingga dua tahun terakhir, di Kepri, trafik data XL Axiata mengalami peningkatan sekitar 20% tiap tahun.

Seiring dengan peningkatan tersebut, XL Axiata melakukan peningkatan kualitas jaringan dan perluasan jangkauan jaringan dengan melakukan penambahan di berbagai desa baru. Terbanyak di Kabupaten Lingga dan Kabupaten Natuna.

“Pelanggan XL Axiata akan banyak menggunakan beragam layanan data, terutama media sosial guna berbagi konten. Pelanggan juga lebih banyak mengakses layanan streaming baik video, musik, maupun gim, yang memerlukan kapasitas besar. Untuk streaming meliputi Youtube, Vidio & Spotify, untuk aplikasi messaging adalah Whatsapp dan aplikasi gim yaitu Mobile Legend. Sumatera masih mempunyai potensi cukup besar bagi XL Axiata, hal ini bisa dilihat dari pertumbuhan trafik dan pelanggan yang dari tahun ke tahun makin meningkat,” lanjut Desy.

Aksi sosial XL Axiata untuk masyarakat

Di bulan Ramadan ini, XL Axiata Peduli menggelar dua program, yaitu XL Axiata Peduli Paket Berbuka, berupa penyaluran paket makanan berbuka untuk masyarakat prasejahtera, dengan sistem penukaran kupon. Program ini bekerja sama dengan Yayasan Benihbaik dan para mitra lokal seperti warung nasi dan komunitas warga yang bertujuan untuk membantu UMKM lokal.

Program kedua yaitu XL Axiata Peduli Sembako untuk Pesantren, dengan membeli dari UMKM lokal. Target penerima adalah pesantren yang tersebar di Kabupaten Agam Sumatera Barat, Kota Batam, Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan, Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah, Kota Makassar, Kota Surabaya, Kota Yogyakarta, Kota Bandung, Kota Jakarta serta Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

XL Axiata berkomitmen untuk terus memperbesar kontribusi kepada masyarakat melalui program-program yang bermanfaat dan berkelanjutan, dimana salah satunya melalui aksi sosial berbagi yang telah dilakukan bertahun-tahun melalui program perusahaan, antara lain Program XL Axiata Baik.

Program ini dilaksanakan di kota-kota berbeda untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Melalui program ini, karyawan XL Axiata tidak hanya berfokus pada area pekerjaan saja tetapi bisa berkontribusi lebih terhadap Negeri. Manajemen juga ingin menciptakan budaya karyawan untuk peduli terhadap lingkungan sekitarnya dan semoga hal baik ini dapat menginspirasi dan menciptakan domino effects untuk hal-hal baik lainnya yang bermanfaat.

Program XL Axiata Baik sudah berjalan sejak tahun 2021, berbagai program kegiatan telah dijalankan membantu masyarakat di berbagai daerah, seperti Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit (SVIB), donasi, donor darah, karyawan mengajar, bedah rumah, bangun jalan, bangun masjid, pengadaan depot air, bangun jembatan hingga donasi akses internet dan laptop untuk pesantren dan sekolah.

Reporter : Siti Amelia

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Berita Pilihan

Layanan Khusus Tri bagi Pecinta E-Sport di PON XXI Aceh-Sumut

mimbarumum.co.id  – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), melalui brand Tri, melanjutkan komitmennya mendukung E-sport tanah air dengan turut...