Update Terkini Covid-19 di Sumut Jumlah PDP dan ODP Terus Meningkat, 3 Pasien Pulang

mimbarumum.co.id – Kepala Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, Riadil Akhir Lubis menjelaskan dari data yang dikumpulkan di seluruh kabupaten/kota, hingga Rabu (25/3/2020) pukul 17.00 Wib jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) menjadi 55 orang, dari 53 orang di hari sebelumnya.

“Tiga pasien telah dinyatakan sembuh dan sudah pulang. Hari ini yang negatif Covid-19 tinggal 6 orang yang dirawat,” ungkapnya.

Sedangkan pasien yang positif Covid-19 bertambah 1 orang. Sehingga jumlahnya kini, 8 orang dirawat, 1 meninggal dunia. Dan orang dalam pengawasan (ODP) naik menjadi 1976 orang, dari 1391 orang kemarin.

Baca Juga : Jumlah ODP di Padang Sidimpuan Meningkat

“Kepada ODP, kita minta pasien melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing,” tutur Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut ini.

Dijelaskan Riadil, untuk menangani virus ini, sudah datang 2.850 pack alat pelindung diri (APD) di gudang BPBD Sumut, dan sebagian sudah didistribusikan ke beberapa kabupaten/kota. Selain itu, jelas dia, ditunggu juga rapid test dari pemerintah pusat.

“Terkait rapid test ini, kita minta dunia usaha turut menghibahkan rapid test ini, sehingga bisa lakukan secepatnya secara masal ke masyarakat,” ungkapnya.

Saat ini, sambungnya, Pemprov Sumut sedang melakukan pergeseran anggaran di dinas-dinas, untuk digunakan dalam penanganan Covid-19.

Masyarakat diminta banyak mencari informasi terkait Covid-19 ini. Sehingga pemahaman menjadi lebih baik. Bagi yang melaksanakan pekerjaan di luar, lakukan phisical distancing, selalu cuci tangan pakai sabun.

Dia juga mengimbau masyarakat tidak hanya menjaga jarak dengan social distancing, menghindari keramaian. Mulai hari ini, masyarakat diminta untuk melakukan physical distancing.

“Sekarang physical distancing. Dengan orang- orang sekitar, seperti keluarga, juga kita harus menjaga. Menjaga dari pembawa atau carier virus,” ucapnya.

Reporter : Siti Murni

Editor : Dody Ferdy