Senin, Juni 24, 2024

Tiga Drone Ukraina Serang Moskow

Baca Juga

mimbarumum.co.id – Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan tiga pesawat tak berawak Ukraina menyerang ibu kota Rusia, Moskow, pada Ahad (30/7) pagi. Imbas serangan itu, bandara internasional Vnukovo sampai ditutup.

Dalam unggahan di Telegram, Kemhan Rusia menyebut satu drone Ukraina berhasil ditembak jatuh di pinggiran Moskow, sementara dua lainnya dilumpuhkan dengan “electronic warfare” hingga menabrak kompleks perkantoran.

“Pada pagi hari tanggal 30 Juli, upaya serangan teroris rezim Kyiv menggunakan kendaraan tak berawak (UAV) pada sejumlah objek di kota Moskow berhasil digagalkan,” demikian keterangan Kemhan Rusia di Telegram, seperti dikutip AFP, Ahad (30/7/2023).

“Satu UAV Ukraina dihancurkan di udara oleh sistem pertahanan udara di atas wilayah Odintsovo di Moskow. Dua drone lagi dilumpuhkan oleh electronic warfare dan setelah hilang kendali jatuh di wilayah kompleks bangunan non-perumahan Kota Moskow.”

Walikota Moskow Sergei Sobyanin juga mengatakan, bagian luar sejumlah bangunan rusak ringan akibat puing drone. Meski begitu, tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam insiden tersebut.

Sementara itu, kantor berita pemerintah, TASS, melaporkan Bandara Vnukovo Moskow “ditutup untuk keberangkatan dan kedatangan” pesawat usai serangan. Penerbangan dialihkan sementara ke bandara lain.

Kendati demikian, kurang dari satu jam bandara tersebut tampak kembali beroperasi normal. Ini merupakan serangan kesekian yang menargetkan ibu kota Moskow. Pada 24 Juli lalu, Ukraina juga menyerang Moskow hingga merusak sejumlah gedung.

TASS melaporkan satu drone jatuh di pusat bisnis Likhacheva Street yang terletak di dekat salah satu jalan lingkar utama Moskow.

Sementara drone lainnya jatuh di Komsomolsky Prospekt, kawasan yang dekat dengan Kemhan Rusia.

Gempuran ini sendiri terjadi tak lama setelah Ukraina bersumpah bakal membalas serangkaian serangan Rusia di Odesa, yang menghancurkan gedung-gedung bersejarah. Bombardir Rusia juga merusak infrastruktur pelabuhan Odesa, di mana hanggar tempat menyimpan gandum berdiri.

Sumber : cnnindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Warga Tidak Menyoal Dolly Pasaribu Mencalon Lewat Jalur Manapun di Pilkada Tapsel 2024

mimbarumum.co.id - Rasa simpati warga masyarakat Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) agar Dolly Pasaribu untuk kembali mencalon kepala daerah di...

Baca Artikel lainya