Selasa, Juli 23, 2024

Alween Ong Ajarkan Wirausaha Tapsel Digital Marketing Melalui WIRADIBA

Baca Juga

mimbarumum.co.id – Bupati Tapanuli Selatan, H. Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, S.Pt., M.M., kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui Program Wirausaha Digital Berdaya (WIRADIBA).

Program ini telah berlangsung selama 1,5 tahun di seluruh kecamatan Tapanuli Selatan, memberikan manfaat yang signifikan bagi UMKM lokal.

Program WIRADIBA diinisiasi oleh Bupati Tapanuli Selatan, H. Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, S.Pt., M.M., sebagai respons atas kebutuhan untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing UMKM di daerah tersebut.

Dengan dukungan Bank Sumut melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), program ini meliputi serangkaian kegiatan yang mencakup pendataan, seleksi, pelatihan, pendampingan, expo, dan penghargaan bagi UMKM yang berprestasi.

Pada tanggal 5 dan 6 Juli 2024, acara Workshop Entrepreneurs WIRADIBA digelar di Hotel Mega Permata Sidempuan, dihadiri oleh 50 UMKM terpilih dari berbagai kecamatan di Tapanuli Selatan.

Dalam keterangan tertulis diungkap acara ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pelatihan intensif kepada para peserta dalam berbagai aspek manajemen usaha, pemasaran digital, dan teknologi informasi.

Acara dibuka secara resmi oleh Bupati Tapanuli Selatan, H. Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, yang dalam sambutannya menekankan pentingnya adaptasi teknologi digital dalam menghadapi tantangan ekonomi global saat ini.

“Kita harus terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing usaha mikro, kecil, dan menengah kita,” ujarnya.

Workshop ini menghadirkan dua pemateri utama yang berpengalaman dalam bidang mereka masing-masing. Alween Ong, seorang sociopreneur yang aktif dalam memberikan pendampingan kepada UMKM, memberikan materi tentang manajemen usaha, pengelolaan keuangan, dan strategi digitalisasi usaha.

“Digitalisasi adalah kunci untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan efisiensi operasional,” kata Alween dalam presentasinya.

Pemateri kedua, Andi Lubis, seorang fotografer senior dengan pengalaman luas dalam industri kreatif, memberikan pelatihan praktis tentang teknik fotografi dan pembuatan video produk menggunakan perangkat mobile.

“Kualitas visual dari produk yang dipasarkan secara online sangat penting untuk menarik perhatian konsumen. Dengan teknik fotografi yang tepat, UMKM dapat meningkatkan daya tarik dan kualitas presentasi produk mereka,” jelas Andi kepada peserta.

Acara ditutup oleh Ibu Novita Sari Wahyuni, S.AP, M.Si, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Tapanuli Selatan, yang mengapresiasi semangat dan dedikasi para peserta dalam mengikuti workshop.

“Kami berharap ilmu yang diperoleh dapat diimplementasikan dengan baik dalam usaha masing-masing, untuk meningkatkan kualitas dan daya saing UMKM di Tapanuli Selatan,” ujarnya.

Selain itu, dalam rangka mendukung pertumbuhan UMKM yang berkelanjutan, telah diumumkan bahwa akan dilakukan pemilihan wirausaha terbaik dari peserta WIRADIBA.

Sepuluh wirausaha terpilih akan diberikan kesempatan untuk mengikuti expo di luar negeri, yang diharapkan dapat membuka peluang baru dan memperluas jaringan internasional bagi UMKM Tapanuli Selatan.

Beberapa peserta juga memberikan testimoni positif mengenai workshop ini. Santi Irawati, pemilik usaha dodol Bunda Hasanah dari Kecamatan Angkola Timur, menyatakan, “Workshop ini begitu bermanfaat, acaranya seru, pematerinya keren, dan Bupati juga hadir menyapa kami peserta satu per satu. Lanjutkan Pak Bupati. Terima kasih, Bapak Bupati.”

Rinta, pemilik usaha Coco Tantom dari Kecamatan Tano Tombangan Angkola, menambahkan, “Terima kasih, Bapak Bupati, telah memberi kesempatan mengikuti WIRADIBA dan telah memberi bantuan showcase double cabin bagi usaha Coco Tantom.”

Dengan adanya program WIRADIBA ini, Bupati Dolly Pasaribu menunjukkan kepemimpinan yang progresif dan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal. Program ini diharapkan dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi UMKM di Tapanuli Selatan, termasuk membuka peluang pasar internasional melalui expo yang akan datang.

Pemilihan wirausaha terbaik dan partisipasi dalam expo internasional diharapkan dapat menjadi langkah strategis untuk membuka peluang baru bagi UMKM Tapanuli Selatan dalam memasuki pasar global. Dengan dukungan dan inisiatif seperti ini, diharapkan UMKM lokal dapat semakin mandiri dan mampu bersaing secara global dalam era ekonomi digital yang semakin kompetitif.

Workshop Entrepreneurs WIRADIBA 2024 di Hotel Mega Permata Sidempuan telah berhasil sebagai platform penting dalam memperkuat kewirausahaan dan mengedukasi UMKM mengenai strategi digitalisasi. Dengan kontribusi dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, sektor swasta, dan para pemateri ahli, acara ini menjadi bukti nyata komitmen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan membangun masa depan yang lebih cerah bagi UMKM di Tapanuli Selatan.

Reporter : Siti Amelia 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Rutan Kelas I Ikuti Zoom Virtual Rapat Rencana Kerja Peringatan Hari Pengayoman

mimbarumum.co.id - Dalam rangka menyambut Hari Pengayoman ke-79 yang jatuh pada 19 Agustus mendatang, Rumah Tahanan Negara Kelas I...

Baca Artikel lainya