Rabu, Juni 7, 2023

Pengelola Geopark Berharap Pengunjung F1H2O Dukung Revalidasi Kaldera Toba

mimbarumum.co.id – Pengunjung F1 PowerBoat Danau Toba (F1H2O) diharapkan mendukung suksesnya Kaldera Toba saat dilakukan revalidasi oleh Unesco pada tahun 2024 mendatang.

Harapan itu disampaikan Sekretaris Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba (BP-GKT) Debby Panjaitan, Minggu (26/02/23) saat menerima kunjungan pengurus SMSI Sumut.

Dia mengatakan pagelaran yang berlangsung di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, pada 24-26 Februari 2023 itu strategis menjadi ajang mengedukasi dan sosialiasi tentang Geopark Kaldera Toba.

- Advertisement -

Pertimbangan itu pula, katanya, pihaknya melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumut, membuka stand khusus di kawasan Pantai Bulbul, Balige.

Debby Panjaitan pun mengajak pengunjung khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk mendukung Kaldera Toba sukses di revalidasi oleh Unesco pada tahun 2024 mendatang.

“Kita mengajak semua unsur masyarakat bersinergi bagaimana agar Geopark Kaldera Toba tetap menyandang predikat Taman Bumi Warisan Dunia atau Unesco Global Geopark (UGG),” ujar Debby.

- Advertisement -

Bentuk dukungan yang diharapkan adalah dengan ikut menjaga keberlangsungan keanekaragaman hayati (biodiversity), geologi dan budaya (cultural) serta aksi nyata tindak lanjut atau implementasinya di lapangan, khususnya di Geosite-geosite Kaldera Toba yang ada di kawasan Danau Toba.

Lebih lanjut Debby Panjaitan mengatakan event bergengsi F1 PowerBoat Danau Toba ini salah satu bentuk implementasi pengembangan Kaldera Toba itu sendiri.

“Karena selain soal atraksi olahraganya, juga even ini sarat dengan pengangkatan tema-tema budaya lokal, yakni budaya Batak itu sendiri, dan juga biodiversity-nya,” ujar Debby.

Karenanya selain soal mendongkrak wisata Danau Toba, BP-GKT lanjut Debby, juga melihat event F1 PowerBoat tersebut sebagai momen yang tepat menggaungkan kembali semangat mendukung Geopark Kaldera Toba, dimana Kabupaten Toba adalah salah satu kawasan yang merupakan bagian dari Kaldera Toba.

Ketua SMSI Sumut, Erris Napitupulu, yang hadir bersama Bendahara Agus Lubis, Ketua Bidang Organisasi Benny Pasaribu, Penasehat Rony Purba mengatakan Geopark Kaldera Toba adalah kebanggaan bersama.

Senada dengan Debby Panjaitan, Erris Napitupulu juga mengajak segenap unsur masyarakat mendukung Geopark Kaldera Toba sukses di revalidasi tahun 2024 mendatang. “Mari Sama-sama mendukung Kaldera Toba,” ajak Erris.

SMSI, lanjut Erris, berkomitmen mendukung BP-GKT mengedukasi sekaligus mensosialisasikan program-program di Geopark Kaldera Toba. Hal itu juga tindak lanjut dari penandatangan kerjasama SMSI dengan BP-GKT dalam Ekspedisi Geopark Kaldera Toba, 4-7 Februari 2023 lalu.

Sumber : rilis

 

Kategori

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terbaru