Pastikan Keamanan Pembangunan Destinasi Danau Toba Terwujud

mimbarumum.co.id – Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto bersama Bupati Tobasa Darwin Sinaga dan Dirut Badan Pelaksanaa Otoritas Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo melakukan rapat koordinasi pengamanan dan pengelolaan dalam mendukung pembangunan kawasan Danau Toba sebagai Destinasi Wisata Internasional.

Rapat tersebut juga melibatkan sejumlah kepala daerah yang ada di daerah seputaran Wisata Danau Toba.

Tujuan dilakukan rapat koordinasi tersebut, untuk menginventarisir masalah-masalah yang ditemukan dalam proses pembangunan Danau Toba sebagai Destinasi Wisata super Prioritas.

 

Baca Juga : Wisudawan Diajak Bangun Kawasan Danau Toba 

 

“Aparat keamanan ini banyak sekali korelasinya dengan berbagai aktivitas masyarakat, termasuk pengembangan Danau Toba. Keamanan itu kita mulai dari kemanan pembangunannya, kemanan prosesnya, permasalahan yang ada di dalamnya harus kita inventarisir dan kita kurangi hingga kita bisa tuntaskan,” kata Kapolda Sumut kemarin.

Apabila jaminan keamanan bisa diberikan, sambung mantan Wakapolda Sumut, maka investor bisa hadir dan uang yang digelontarkan makin banyak ke daerah – daerah.

Keamanan dengan semua elemen masyarakat supaya bisa menarik investor lainnya. Menyiapkan SDM untuk bisa dikontruksi. Dari anggaran pemerintah sudah cukup besar diturunkan. Nanti investor yang lain akan membangun fasilitas yang ada di kawasan Danau Toba. Karena pembangunan ini nantinya akan menyerap begitu banyak tenaga kerja dan biaya untuk pembangunan tersebut.

“Kita juga mendorong fasilitas untuk mengamankan hingga mensukseskan program pemerintah ini. Apalagi ini sudah dicanangkan sebagai Destinasi Super Prioritas kawasan Danau Toba,” sebut Agus.

Sementara itu, Dirut BPODT Arie Prasetyo sepakat untuk sama-sama membangun kawasan Danau Toba ini. Ada dukungan dari bapak Kapolda Sumut dan jajaran di kawasan Danai Toba.

“Dan saya kira ini cukup penting untuk memastikan pembangunan ini berjalan dengan lancar. Kita butuh sinergi yang kuat. Perlu kita dukung dengan supaya berjalan dengan baik. Proses pembangunan di Danau Toba itu memang perlu melibatkan pihak keamanan sehingga lokasi wisata ini nantinya benar-benar jadi destinasi,” ujarnya. (afm)