Kamis, Mei 30, 2024

Lulus SNBP Siswa SMKN 1 Medan Ikuti Ujian Sekolah

Baca Juga

mimbarumum.co.id – Sebanyak 9 siswa-siswi SMK Negeri 1 Medan yang dinyatakan lulus Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 mengikuti Ujian Sekolah (US) guna menentukan kelulusan semua peserta didik yang telah belajar selama tiga tahun. 

Ditemui di sekolahnya, Kepala SMKN 1 Medan May Gloria S Meliala SPd, MM kepada wartawan, Senin pagi (1/4/2024) mengatakan, ke-9 siswa-siswi tersebut adalah Nur Gusti Fauziah (Polmed Keuangan dan Perbankan Syariah), Nia Nur Yuli (Polmed Akuntansi Keuangan Publik).

Hanifah Tanjung (Polmed Akuntansi Keuangan Publik), Maura Dwicantika (Polmed Akuntansi), Irhamni Dara Zalikha (Polmed MICE), Rizky Ananda (USU Sastra Melayu), Naffa Zahra (USU Sastra Arab), Indah Wahyuni Sari Nasution (UNP Padang), Ta’tsa Erman (UNP Padang). 

Lebih lanjut May mengutarakan, peserta US seluruhnya 395 orang terdiri dari 4 program keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga, Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran,  Bisnis Daring dan Pemasaran serta Usaha Perjalanan Wisata yang berlangsung selama 7 hari dimulai  27 – 30 Maret, 1 – 4 April dan ujian susulan 5 – 6 April 2024. 

Usai US tambahnya, semua siswa kelas 12 akan dilanjutkan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) mulai 22 – 30 April 2024. Sistem ujian secara langsung siswa datang ke sekolah menggunakan HP Android. 

Sebelum US, mereka siswa-siswi kelas 12 telah mempersiapkan diri mengerjakan kisi-kisi soal, teori output membahas soal-soal yang akan diujikan seluruh mata pelajaran yang mereka terima selama tiga tahun bersekolah. Penentuan kelulusan melalui dewan guru sesuai aturan dan pengumuman pada 6 Mei 2024. 

May mengimbau semua peserta didik retap semangat tetap menjaga kesehatan karena masih ada 1 tahap lagi yang harus diselesaikan yaitu UKK. “Apabila telah mempersiapkan diri dengan baik, tentunya segala target-target yang sudah ditentukan sebelumnya mudah-mudahan bisa tercapai,” tambanya. 

Dikatakannya, UKK yang menjadi ujian sekolah sesuai keahlian masing-masing. Misalnya, jurusan pariwisata ada beberapa pekerjaan yang mereka harus mampu seperti di bagian tiket domestik internasional kemudian di bidang membuat paket tour kemudian mengelola perjalanan, pemandu wisata.

Pada saat UKK kompeten atau belum kompeten, pengujinya ada eksternal dan internal. Penguji eksternal di jurusan pemasaran langsung dari Lottemart yang berasal dari akademisi dan praktisi. 

Mengingat tahapan-tahapan UKK itu tak ada remedial sehingga jika mungkin juga persyaratan anak tidak lulus uji kompetensi maka dengan penguji yang berbeda harus saling mendukung.

“Jika penguji sudah menyatakan bahwa siswa tersebut kompeten dalam bidangnya. Seperti di jurusan pemasaran yang menjadi pramuniaga, kasir untuk mengurus barang dan jasa seperti itu ada semua poin-poinnya,” terangnya.

Menyinggung kerjasama dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI), May mengaku baik siswa-siswi kelas 10, 11 dan 12 telah menjalin hubungan kemitraan dengan Matahari, Ramayana, Maju Bersama Berastagi selama bulan puasa Ramadan 1445 H ini sebagai tenaga kerja paruh waktu usai pulang sekolah.

Reporter : M Nasir

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

DPD AMPI Kota Medan serahkan SK PLT untuk 3 Kecamatan di Kota Medan

mimbarumum.co.id – Ketua DPD AMPI Kota Medan Rizky Nugraha menunjuk Bonny Paulus Manurung dan Nayyir Fauzan Ritonga sebagai Ketua...

Baca Artikel lainya