Kamis, Mei 30, 2024

Israel Rencanakan Serangan Balasan ke Iran

Baca Juga

mimbarumum.co.id – Kabinet Perang Israel yang dipimpin Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, sepakat melakukan pembalasan terhadap Iran atas serangan drone dan misil, Ahad (14/4) lalu.

Meski demikian, kabinet itu disebut masih berdebat soal kapan dan skala respons balasan terhadap Iran.

Dilansir Times of Israel, kabinet perang Israel yang beranggotakan lima perang disebut belum mencapai keputusan mengenai serangan balasan ke Iran, usai lebih dari tiga jam berunding.

Hal ini terutama usai pemerintah Amerika Serikat mendesak Netanyahu untuk “berpikir dengan hati-hati dan strategis”.

Surat kabar harian Israel, Hayom, mengutip seorang pejabat Israel hanya menyatakan bahwa “akan ada tanggapan” atas serangan Iran.

Sementara kantor PM Netanyahu menyebut meski belum ada keputusan yang diambil, militer Israel IDF akan memberikan beberapa opsi.

Menurut beberapa laporan media Ibrani, menteri di Kabinet Perang Benny Gantz dan rekannya dari partai Persatuan Nasional Gadi Eisenkot, mengusulkan untuk menyerang balik ketika serangan Iran masih berlangsung.

Usulan ini ditentang keras oleh Netanyahu, Menteri Pertahanan Yoav Gallant, Kepala IDF Herzi Halevi, dan lainnya, mengingat Angkatan Udara Israel saat itu tengah fokus menghalau rudal dan drone Iran.

Berdasarkan Reuters, Senin (15/4), perang terbuka antara Israel dan Iran memang memicu respons dunia. Posisi AS sebagai negara besar ikut menjadi perhatian, sedangkan negara-negara Arab memilih untuk menghindari terjadi eskalasi lebih lanjut.

Iran Bombardir Israel

Iran resmi mulai menyerang Israel usai meluncurkan pesawat nirawak (drone) hingga roket pada Sabtu (13/4). Serangan itu mulai berimbas ke Israel, yakni dengan sirene yang terdengar di berbagai wilayah negara tersebut.

Menurut laporan Al Jazeera, sirene serangan udara itu terdengar di semua wilayah, termasuk Tel Aviv. Selain itu, laporan dari Al Jazeera juga menangkap beberapa kilatan cahaya di atas kota.

Israel juga dilaporkan mulai melaksanakan intersepsi aktif terhadap serangan drone dan roket Iran yang mulai memasuki wilayah negara tersebut.

Sumber : CNNIndonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

DPD AMPI Kota Medan serahkan SK PLT untuk 3 Kecamatan di Kota Medan

mimbarumum.co.id – Ketua DPD AMPI Kota Medan Rizky Nugraha menunjuk Bonny Paulus Manurung dan Nayyir Fauzan Ritonga sebagai Ketua...

Baca Artikel lainya