Sabtu, Juli 20, 2024

Islamic Center Ali bin Abu Thalib Lahirkan 101 Generasi Terbaik Penghafal Qur’an

Baca Juga

mimbarumum.co.id – Islamic Center Ali bin Abu Thalib (IC Abatha) telah melaksanakan kegiatan Wisuda Tahfiz Qur’an serta pelepasan peserta didik kelas IX SMP Islam Terpadu dan XII MA Terpadu Ali bin Abu Thalib tahun ajaran 2023/2024 di Waterland Convention Hall, Tanjung Morawa, pada Jumat (17/5) Pagi, dengan mengusung tema “Bumikan Al-Qur’an Lahirkan Generasi Insan Cendikia”.

Kegiatan itu melahirkan 101 peserta didik generasi terbaik dan penghafal Qur’an mulai dari 1 juz sampai 30 juz, di mana 21 orang menghafal 1 juz, 37 orang menghafal 2 juz, 23 orang menghafal 3 juz, 9 orang menghafal 4 juz, 2 orang menghafal 5 juz, 4 orang menghafal 6 juz, 1 orang menghafal 7 juz, 1 orang menghafal 10 juz, 2 orang menghafal 15 juz, dan 1 orang menghafal 30 juz.

Wisuda Tahfiz tersebut juga dimeriahkan oleh seluruh peserta didik dari perwakilan setiap kelas fullday dan boarding dengan menampilkan suatu pertunjukan yang menarik. Tidak lupa juga diselingi dengan ceramah dari Ustaz Riyandi Lubis, penyerahan wakaf Al-Qur’an secara simbolis, dan ditutup dengan penyematan tanda lulusnya seluruh peserta didik.

Sekolah yang berdiri sejak 2013 dan beralamat di Jalan Bandar Labuhan, Tj Morawa, Sumatra Utara yang dibawah naungan Yayasan Generasi Terbaik Bangsa itu memang sudah sangat terkenal di lingkungannya. Maka dari itu, sekolah tersebut hingga kini masih menerima peserta didik baru tahun ajaran 2024/2025.

Uniknya di tahun ini, IC Abatha mengadakan kegiatan wisuda berbarengan antara SMP angkatan 9 dengan MA angkatan 1. Sebab, MA baru didirikan tahun 2021.

Kerennya, walau baru didirikan, peserta didik MA Terpadu yang baru saja wisuda tersebut sudah ada yang masuk di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terkemuka di Medan, diantaranya UINSU, Polmed, hingga STAI As-Sunnah.

Selain itu, MA Terpadu tersebut juga banyak memenangkan penghargaan seperti di tahun 2023, diantaranya juara 3 lomba mading tingkat provinsi 2023, juara 3 cerdas cermat tingkat nasional 2023, dan harapan 2 Olimpiade psikologi tingkat provinsi 2023.

Tak kalah saing, SMP IT (Islam Terpadu) juga banyak mendapatkan penghargaan, diantaranya juara 1 melukis tingkat kabupaten 2023, juara 3 berbalas pantun tingkat provinsi 2023, dan masih banyak lagi di setiap bidang yang peserta didik minati.

Arfanda Siregar, selaku ketua Yayasan Generasi Terbaik Bangsa berpesan dalam sambutannya, tantangan bagi penghafal Qur’an bagi peserta didik adalah ketika saat keluar dari sekolah IC Abatha.

“Kita tetap bersemangat dalam berliterasi dengan Al-Qur’an. Untuk ibu dan bapak (orang tua) saya berpesan masukkan anak-anak ke sekolah yang mau mengenalkan Tuhannya, yang mau menyuruh dan membaca Al-Qur’an, dan melaksanakan salat 5 waktu,” katanya.

Dirinya juga berterima kasih kepada seluruh dewan guru, panitia, dan orang tua siswa yang sudah hadir untuk mensukseskan kegiatan wisuda tahfiz tahun ini.

Tampak di kegiatan itu dihadiri oleh Ketua Yayasan Arfanda Siregar, Bendahara/Ibu Yayasan Sri Lestari, Kepala Sekolah SMP IT Ridho Simanungkalit, Kepala Sekolah MA T Nurdiana Nasution, seluruh guru IC Abatha, dan orang tua siswa, dan seluruh peserta didik.

Reporter: Dzaky

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Skenario Menggagalkan Dolly Pasaribu Maju Calon Bupati Tapsel Jalur Independen

mimbarumum.co.id - Pemilihan Calon Bupati Tapanuli Selatan akan digelar pada 27 November 2024 mendatang. Sederet cara pun dilakukan oleh orang-orang...

Baca Artikel lainya