Senin, Juni 24, 2024

Gubernur : Tanaman Herbal Sangat Bermanfaat Bagi Masyarakat

Baca Juga

mimbarumum.co.id – Pengembangan tanaman herbal potensial di Sumut. Mengingat Sumut memiliki potensi untuk bermacam tanaman. Karenanya Gubernur Sumut mendukung pengembangan tanaman herbal ada di Sumut.

“Apalagi tanaman herbal sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Selain manfaat kesehatan, manfaat ekonomi juga akan di dapatkan masyarakat, apabila pengembangan tanaman herbal tersebut berhasil,” ucap Gubernur Sumut Edy Rahmayadi kala dampingi Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Meninjau pembangunan Taman Sains dan Teknologi Herbal (TSTH) di Desa Aek Nauli, Pollung, Humbang Hasundutan Rabu (1/9/2021).

Kata Gubernur, untuk mewujudkan itu perlu dukungan setiap pihak. Mulai dari pusat hingga daerah.

BACA JUGA : Pemko Binjai Uji Coba Aplikasi “Elsimil”

TSTH berfungsi sebagai tempat budidaya dan pengembangan tanaman herbal. Selain itu, TSTH juga menyediakan bibit unggul hingga pemberdayaan petani lokal. Saat ini persiapan pembangunan TSTH sudah memasuki proses land clearing atau pembersihan lahan seluas 200ha.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, TSTH dilaksanakan oleh berbagai universitas ternama mulai dari Institut Teknologi Del, Universitas Sumatera Utara, Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, dan Institut Pertanian Bogor. “Kita lihat tadi sudah (proses) masuk land clearing, persiapannya sudah kita lihat bagus, ” kata Luhut.

Luhut menargetkan bulan Oktober akhir atau November sudah memasuki proses groundbreaking pembangunan TSTH. Apabila program TSTH berhasil, Sumut akan menjadi percontohan tempat pengembangan tanaman herbal. “Semua sudah bagus, kalau pertanian ini nanti jalan, akan di copy tempat lain, ” ungkap Luhut.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Wamen Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong, Kapolda Sumut RZ Panca Putra Simanjuntak, Kasdam I/BB Didied Pramudito, dan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor.

Editor : Siti Murni

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Warga Tidak Menyoal Dolly Pasaribu Mencalon Lewat Jalur Manapun di Pilkada Tapsel 2024

mimbarumum.co.id - Rasa simpati warga masyarakat Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) agar Dolly Pasaribu untuk kembali mencalon kepala daerah di...

Baca Artikel lainya