Selasa, Juli 23, 2024

Gebyar P5 SMKN 1 Medan Ajang Edukasi Peserta Didik

Baca Juga

mimbarumum.co.id – Rangkaian kegiatan Gebyar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Suara Demokrasi bertema “Berdemokrasi Dengan Baik dan Berkualitas di SMK Negeri 1 Medan merupakan ajang mengedukasi peserta didik kelas 10 dan 11 berlangsung meriah. 

Kegiatan dibuka Kepala SMKN 1 May Sabrina Meliala SPd, MM didampingi Ketua Komite Edi Suprayetno, Kamis (16/11/2023) mengatakan, P5 untuk kelas 10 memilih tema suara demokrasi yakni pemilihan ketua OSIS 2024-2025 yang berlangsung pada 15 November semua paslon telah melakukan debat memberikan visi misinya.

Dalam kegiatan suara demokrasi mereka mempersiapkan kertas suara pemilihan, kotak suara, format, registrasi dan lain sebagainya. Sebanyak 150 siswa yang sudah umur 17 tahun sebagai pemilih pemula langsung mempraktekkan nantinya pada saat pesta demokrasi 2024.

Sedangkan peserta didik kelas 11 dengan tema makanan tradisional kearifan lokal. “Mereka sambil mempelajari apa-apa saja makanan dan minuman yang bisa mereka buat untuk kegiatan ini. Kita memberi edukasi kepada seluruh peserta didik,” katanya.

Selain itu puncak kegiatan P5 SMKN 1 Medan juga dilaksanakan bazar makanan dalam rangka puncak projek kearifan lokal. Sehingga melalui kegiatan ini kedua projek ini berkolaborasi dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka.

“Projek P5 itu di akhir semester tentunya dengan tema-tema yang sudah dipersiapkan sekolah sekaligus berkolaborasi dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) direncanakan April atau awal Mei 2024,” tutur May.

Sementara Ketua Komite SMKN 1 Edi Suprayetno mengapresiasi kegiatan ini akan pentingnya pembelajaran sehari-hari. Kegiatan ini memang sangat diperlukan untuk membentuk mentalitas peserta didik tidak hanya belajar tapi di kehidupan sehari-hari nantinya akan dihasilkan dengan segala problematika kehidupan.

Misalnya, suara demokrasi itu programnya baik dan menjadi kemandirian berdemokrasi seperti tema-tema yang sudah dibuat itu menjadi pembelajaran langsung bukan hanya di satu mata pelajaran, tapi itu sudah mencakup banyak. Karena dalam menjalankan kehidupan ini sebenarnya norma-norma itu sudah ada di kehidupan sehari-hari.

Menyinggung Satgas Narkoba dan satgas perundungan di SMKN 1, Edi mengaku erat kaitannya kegiatan P5 ini mengatasi, geng motor, tawuran, intoleransi, ujaran kebencian dan lainnya. Kegiatan P5 berkaitan dengan keimanan, bertakwa dan bermoral itu sangat penting dan pendidikan karakter siswa untuk pembentukan akhlan dan moral.

Menanggapi kolaborasi DUDI dan SMKN 1, Edy yang juga General Manager Hotel Harper Medan ini  menjelaskan, sejauh ini sudah banyak kerjasama kedua belah pihak. “Kita dapat melihat bagaimana kolaborasi dengan dunia usaha itu memang tak mudah perlu proses sempat tertunda akibat Covid.

“Perlu ditingkatkan dan dilanjutkan lagi supaya semakin dekat dengan industri. Kenapa banyak pekerjaan yang akan hilang, nantinya tapi banyak pekerjaan baru yang akan muncul sekarang. Oleh karena itu pastinya kita bentuk kerjasama kedepannya dengan para DUDI untuk model pembelajaran seperti apa nantinya,” tambah Sekretaris Indonesian Hotel general manager Association (IHGMA) Sumut.

Edi menambahkan, di Balai Latihan Kerja (BLK), Balai Besar Pelatihan Pusat Pendidikan Vokasi (BBPPPV) Medan karena dirinya ditunjuk sebagai Sekretaris Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dan Industri terus menjembatani antara lembaga pelatihan dengan industri.

Artinya, lembaga pelatihan didekatkan dengan industri kebutuhan segala macamnya untuk membantu prosesnya di sekolah seperti butuh untuk mensuplai industri maka jadi para guru tidak akan sulit lagi berhubungan dengan DUDI.

Reporter : M Nasir

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Rutan Kelas I Ikuti Zoom Virtual Rapat Rencana Kerja Peringatan Hari Pengayoman

mimbarumum.co.id - Dalam rangka menyambut Hari Pengayoman ke-79 yang jatuh pada 19 Agustus mendatang, Rumah Tahanan Negara Kelas I...

Baca Artikel lainya