Empat Ruas Jalan Kota Medan Diterapkan Sistem E-Parking

mimbarumum.co.id – Dinas Perhubungan Kota Medan dan Bank Sumut menandatangani Perjanjian Kerjasama Elektronifikasi Transaksi Pembayaran Uji KIR dan Parkir di Lapangan Benteng Medan, Minggu (15/3/2020).

Penandatangan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya di bidang perparkiran dan pengujian kenderaan.

Dengan kerjasama ini, tidak ada lagi nantinya beredar uang cash saat masyarakat parkir maupun melakukan pengujian kenderaan bermotor karena pembayaran dilakukan secara non tunai.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan Kadishub Kota Medan Iswar Lubis dengan Achmad Ferry Affandy selaku Penanggungjawab Pimpinan Divisi Dana dan Jasa Bank Sumut disela-sela acara Pekan Quick Response Code Indonesia Standart (QRIS) Nasional.

Baca Juga : Parkir Liar di Empat Ruas Jalan Ditertibkan

“Ketika uji coba di keempat ruas jalan ini berlangsung, pembayaran parkir tidak lagi menggunakan uang tunai tetapi menggunakan kartu ataupun sistem QRIS,” ucap Kadishub Kota Medan Iswar.

Dikatakanya, caranya cukup dengan melakukan scan dan uang parkirnya langsung masuk ke Bank Sumut. Dengan sistem ini akan menjawab keresahan yang selama ini menyebutkan adanya kebocoran PAD dari sektor retribusi parkir.

Menurut Iswar, kejasama dengan Bank Sumut ini akan dilakukan mulai 1 April mendatang. Khusus untuk parkir, jelasnya, uji coba akan dilaksanakan di sejumlah ruas jalan seperti Jalan KH Zainul Arifin, Jalan Tengku Daud, Jalan Ahmad Yani serta Jalan Balai Kota dengan menggunakan sistem E-Parking.

Baca Juga : Juru Parkir Harus Punya Tata Krama

Dalam melaksanakan sistem E-Parking ini, ungkap Iswar, Bank Sumut akan menyediakan semua peralatan. Untuk keempat ruas jalan tersebut, Iswar mengatakan, petugas parkir yang bertugas langsung dari Dishub Kota Medan.

Sedangkan Achmad Ferry Affandy menjelaskan, mereka secara sistem siap mendukung pelaksanaan E-Parking dan pengujian kenderaan bermotor.

“Kerjasama ini merupakan bagian dari komitmen Bank Sumut untuk memaksimalkan penerimaan daerah dan menciptakan Good Government Governance. Dengan sistem ini kita harapkan dapat memaksimalkan penadapatan daerah dan tidak ada lagi kebocoran,” ujar Achmad.

Reporter : Jepri

Editor : Dody Ferdy