Selasa, Juli 23, 2024

DPT Pemilu 14 Februari 2024 Jadi Acuan KPU Samosir Pelaksanaan PSU di 29 Juni

Baca Juga

mimbarumum.co.id – KPU Samosir menegaskan DPT pada Pemilu 14 Februari 2024 lalu, menjadi acuan pelaksanaan Pemilihan Suara Ulang (PSU) di TPS 12 Desa Pardomuan I, Kecamatan Pangururan.

Hal itu ditegaskan Ketua KPU Samosir Vincent Sitinjak kepada mimbarumum.co.id, Kamis (20/6/2024) di Sekretariat KPU, Jalan Raya Rianiate.

“Pedoman ini sudah tertuang pada Peraturan KPU Nomor 25 tahun 2023 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilu,” kata Vincent.

Ia menambahkan, acuan dimaksud sudah diatur juga dalam Surat Keputusan KPU Nomor 66 tahun 2024 tentang Pedoman Tekhnis Pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilihan Umum.

Sebagaimana telah diubah dengan Keputusan KPU Nomor 216 tahun 2024 tentang Perubahan atas Keputusan KPU Nomor 66 tahun 2024.

Dijelaskan Vincent, bahwa dalam pemungutan suara ulang di TPS, tidak dilakukan pemutakhiran data pemilih.

Selanjutnya, dilakukan pencermatan daftar pemilih dalam DPT, DPTb dan DPK yang memilih pada 14 Februari 2024, dengan memperhatikan daftar hadir pemilih di TPS lain.

Pernyataan Ketua KPU Samosir ini menepis informasi yang beredar di masyarakat, bahwa yang berhak memilih adalah sesuai daftar hadir pada 14 Februari 2024 lalu.

Terkait persiapan KPU Samosir dalam pelaksanaan PSU, Vincent Sitinjak menyampaikan, sampai sekarang sudah hampir fiks.

Namun untuk DPT di TPS 12, pihak KPU Samosir masih melakukan pendataan serius. “Karena ada yang sudah meninggal, pindah domisili dan memilih di TPS lain, dari 277 DPT,” bebernya lagi.

Dari sisi kondusifitas, dikatakannya, KPU Samosir sudah melakukan koordinasi dengan pihak Polres Samosir. “Kita imbau kepada seluruh stakeholder agar tetap menjaga kondusifitas, karena merupakan tanggung jawab bersama,” sebutnya.

Untuk diketahui, menjelang pelaksanaan PSU di TPS 12 Desa Pardomuan I, Kecamatan Pangururan, potensi politik uang dinilai signifikan.

Hingga berita ini dikirim, perbincangan hangat di kalangan masyarakat Samosir menyebutkan, akan ada peredaran uang besar jelang pelaksanaan PSU.

Reporter : Robin Nainggolan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Rutan Kelas I Ikuti Zoom Virtual Rapat Rencana Kerja Peringatan Hari Pengayoman

mimbarumum.co.id - Dalam rangka menyambut Hari Pengayoman ke-79 yang jatuh pada 19 Agustus mendatang, Rumah Tahanan Negara Kelas I...

Baca Artikel lainya