Desa Sigapiton Toba Siap Jadi Wisata Internasional

mimbarumum.co.id – Masyarakat Desa Sigapiton, Kecamatan Ajibata, Sumut menyatakan kesiapan desanya dijadikan destinasi wisata bertaraf internasional.

Kesiapan warga tersebut menyambut keseriusan pemerintah pusat, yang dijadwalkan mulai 2021 akan membangun sejumlah infrastruktur dan objek wisata di desa tersebut

Sekretaris Desa Sigapiton, Mula Horas dan seorang pengurus Kelompok Masyarakat Sadar Wisata, H.Simare-mare mengatakan program menjadikan Desa Sigapiton sebagai daerah wisata bertaraf internasional akan dimulai tahun depan.

Baca Juga : Relawan Dunsanak Bagikan 500 Makanan Ringan di Masjid

Selain itu, pemerintah pusat juga telah menyatakan rencananya akan membangun parkiran dan tempat kebersihan hingga resort bertaraf internasional.

“Lokasinya berada di atas perbukitan sekitar 24 hektar. Saat kunjungan kemarin, pak Luhut bersama pak Menteri Pariwisata, telah menyatakan keseriusannya untuk membangun Desa Sigapiton ini,”katanya

Dia mengakui untuk mendukung dijadikannya Desa Sigapiton sebagai daerah wisata internasional, pemerintah juga akan membangun bandar udara bertaraf internasional di Sinisa.

“Sebab saat ini kami (desa) belum layak dijadikan sebagai daerah wisata. Makanya diperlukan persiapan untuk menghadapinya,”katanya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Sigapiton menjelaskan, jumlah penduduknya saat ini sebanyak 549 jiwa yang umumnya bermarga Sirait dan Manurung. Sedangkan mata pencarian warga umumnya bertani dan mencari ikan di danau.

Reporter : Djamaluddin
Editor : Dody Ferdy