Danau Toba Dapat Tambahan 70 Ribu Bibit Ikan

mimbarumum.co.id – Berbekal kapal kayu, jamaah Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) ‘membelah’ peraian Danau Toba untuk menaburkan 70 ribu bibit ikan nila dan tawes bantuan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Samosir.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Samosir, Jabiat Sagala menyerahkan bibit ikan itu kepada perwakilan HKBP. Bantuan itu diterima Kadep Marturia HKBP Pdt. DR. Anna Pangaribuan di Toledo Inn Tuktuk Siadong, Selasa(18/6/2019) lalu.

Hadir pada acara penyerahan bibit itu, Kadis Pertanian Viktor Sitinjak, Kadis Ketapang Amon Sormin, Kabag Perekonomian Oskar Simbolon dan Sekcam Simanindo Belman Dabukke.

Penyerahan secara simbolis bibit ikan. (mimbar/ist)

Menurut Jabiat, langkah itu merupakan tanggung jawab untuk mewujudkan Danau Toba sebagai destinasi pariwisata bertaraf internasional.

Diharapkan juga, kegiatan yang dimotori oleh HKBP ini berkesinambungan sehingga mempunyai dampak untuk kelestarian Danau Toba dan masyarakat.

“Pemkab Samosir akan mendukung sepenuhnya kegiatan-kegiatan seperti ini, harapan kami dilaksanakan secara berkesinambungan,” sebut Jabiat.

Sebanyak 70 ribu benih ikan jenis nila dan tawes yang terdiri 50 ribu bantuan Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Sumatera Utara dan 20 ribu dari Pemkab Samosir ditabur oleh HKBP menggunakan kapal kayu di perairan Danau Toba.

Selain penaburan bibit ikan, HKBP juga memiliki program penanaman pohon di Kabupaten Samosir sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Penaburan bibit ikan dilakukan Kadep Diakonia dan Marturia HKBP, Praeses Distrik VII Samosir, Praeses Distrik III Humbang dan para pendeta. (RN)