Bobby Tekankan Persolan Sampah Dapat Teratasi dengan Kolaborasi

0
kolaborasi mengatasi sampah
Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M menekan kepada OPD persoalan sampah dapat diatasi dengan berkolaborasi.(mimbarumum/ist)

mimbarumum.co.id – Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution, menekan persoalan sampah dapat diatasi dengan berkolaborasi. 

“Konsep Medan, Binjai, Deliserdang, dan Karo (Mebidangro) itu juga menyarankan sebuah kolaborasi. Untuk mengatasi persoalan di wilayah masing-masing. Soal kebersihan misalnya, Medan bisa berkolaborasi dengan Deliserdang,” kata Bobby dalam Rapat Koordinasi Pengendalian, Perencanaan, dan Pelaksanaan Pembangunan Kota Medan Tahun 2021, Rabu (3/3/2021).

Dia menyampaikan, yang diperlukan saat ini adalah sebuah grand desain yang dapat mengatasi persoalan bersama. Dan tentunya sebuah kolaborasi harus menguntungkan semua pihak.

Menurutnya, selain kebersihan, persoalan banjir juga dapat ditangani dengan berkolaborasi. Bukan hanya dengan pemkab/kabupaten terdekat, namun dengan pemerintah provinsi dan pusat.

“Kita tidak bisa menyelesaikan masalah banjir ini sendiri. Karena itu bangun kolaborasi dengan baik. Dan untuk ke pusat, kita harus punya grand disain dan pendataan yang baik,” ungkapnya.

Bobby : Kesawan Potensial Jadi Kawasan Heritage

Dalam pertemuan itu, Wali Kota Medan juga menyoroti kawasan Kesawan. Menurutnya kawasan Kesawan sangatlah potensial. Baik sisi wisata maupun perekonomian. Karena itu, dia mengharapkan seluruh OPD berkolaborasi untuk pengembangan kawasan heritage.

Bobby menegaskan, Kesawan dapat menjadi wajah Kota Medan sekaligus pusat pariwisata dan pelaku UMKM.

Tentunya, lanjut Bobby, cagar budaya di kawasan heritage itu harus tetap dilestarikan. Sehubungan dengan itu, Bobby mengingatkan Satpol PP agar benar-benar melakukan pengawasan agar tidak ada pembangunan di kawasan tersebut yang mengubah bentuk bangunan asli.

Dia menginstruksikan Kasatpol PP, Camat Medan Barat, dan Lurah, agar segera menghentikan pembangunan yang merusak cagar budaya di kawasan Kesawan.

Bobby menekankan, apa yang disampaikannya ini bukanlah pernyataan seremonial. Dia akan terus mengawasi sehingga benar-benar bisa dilaksanakan OPD.

“Apa yang saya sampaikan ini akan terus dan terus saya tanyakan, terus dan terus saya cross chek, terus, dan terus saya minta pertanggungjawaban,” tegas Bobby.

Kegiatan ini berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Selain 3M, seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini telah mengikuti rapid tes yang dilakukan sebelum mereka memasuki ruang pertemuan.

Reporter : Jepri Zebua

Editor : Siti Murni

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here