Selasa, Juli 23, 2024

Berkat Mobile JKN, Pelayanan Pasien di Rumah Sakit Semakin Mudah

Baca Juga

mimbarumum.co.id – Semakin majunya teknologi telah membawa dampak signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam sektor pelayanan kesehatan.

Salah satu inovasi yang mengubah cara peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mendapatkan pelayanan adalah aplikasi Mobile JKN.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padangsidimpuan, Iwan Adriady mengatakan peserta JKN yang membutuhkan pelayanan kesehatan tidak perlu lagi datang dan mengantre di fasilitas kesehatan. Pasalnya, proses pendaftaran pelayanan kesehatan BPJS Kesehatan dapat dilakukan secara daring.

” Proses pendaftaran berobat di fasilitas kesehatan kini semakin mudah sejak kehadiran Mobile JKN. Peserta JKN tidak perlu lagi berlama-lama di fasilitas kesehatan, tinggal datang sesuai dengan jam layanan yang tertera pada aplikasi. Dengan akses online, peserta dapat melakukan perubahan data kepesertaan sekaligus mengambil nomor antrean FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) dan rumah sakit dengan lebih cepat dan efisien,” kata Iwan, Selasa (12/9/2023).

Sejak diluncurkan pada tahun 2016 silam, BPJS Kesehatan terus berupaya untuk menghadirkan layanan digital yang lebih baik dan komprehensif melalui Mobile JKN. Sederetan pembaharuan terus dikembangkan agar sesuai dengan kebutuhan peserta di era digital.
Selain fitur pendaftaran dan perubahan data secara online, aplikasi Mobile JKN juga memiliki berbagai fitur lainnya yang dapat memudahkan para peserta. Seperti antrean online pada fasilitas kesehatan, cek tagihan premi, konsultasi dokter, cek ketersediaan tempat tidur di FKRTL, screening kesehatan, pengaduan keluhan bahkan dan berbagai informasi terkait Program JKN-KIS serta masih banyak lainnya.

“Aplikasi Mobile JKN saat ini menjadi ujung tombak layanan digital BPJS Kesehatan. Kami sentiasa mendorong peserta untuk berpartisipasi dalam pemanfaatan aplikasi. Hal ini dilakukan agar para peserta dapat memenuhi kebutuhan administrasi kepesertaan secara mandiri tanpa harus bergantung pada layanan tatap muka,” kata Iwan.

Salah satu fitur terbaru yang ada pada aplikasi Mobile JKN adalah i-Care JKN. Fitur ini memungkinkan peserta memantau riwayat pelayanan kesehatan dan terapi obat yang diberikan oleh fasilitas kesehatan.

i-Care JKN hadir dalam dua versi. Versi pertama dalam bentuk fitur tambahan pada aplikasi Mobile JKN yang dapat diakses oleh Peserta JKN melalui smartphone, dan versi kedua dalam bentuk web view yang diperuntukkan bagi dokter di fasilitas kesehatan.

“Dengan adanya i-Care JKN, peserta dapat dengan mudah mengakses rekam medis mereka melalui smartphone. Selain itu, platform ini juga bertujuan untuk memudahkan komunikasi dan kolaborasi antar dokter untuk memberikan perawatan yang lebih komprehensif,” ungkap Iwan.

Berdasarkan pemantauan pada salah satu rumah sakit mitra BPJS Kesehatan, Rumah Sakit Metta Medika Padangsidimpuan telah menerapkan sistem antrean online melalui aplikasi Mobile JKN. Menurut pasien yang berkunjung, antrean online yang telah diterapkan cukup efektif meminimalisir waktu tunggu antrean.

“Mobile JKN memberikan solusi praktis bagi yang membutuhkan pelayanan kesehatan, namun tidak memilki waktu untuk mengantre. Setiap fiturnya sangat berguna dan membantu peserta. Ada fitur pendaftaran, skrining riwayat kesehatan, informasi dan pengaduan, semua fiturnya dirancang memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi peserta BPJS Kesehatan saat mengakses pelayanan kesehatan,” tutur Rahman, salah satu pasien yang berkunjung.

Senada dengan hal tersebut, salah seorang pendamping pasien, Irsan juga merasa sangat terbantu dengan aplikasi Mobile JKN. Melalui aplikasi tersebut, BPJS Kesehatan menurutnya telah mengambil langkah positif dalam upaya menungkatkan kualitas layanan kesehatan di Indonesia.

“Berkat aplikasi ini akses pelayanan kesehatan terasa lebih mudah dan terjangkau, karena segala sesuatunya bisa diurus langsung dari handphone. Terima kasih BPJS Kesehatan yang memberikan pelayanan yang transparan dan bisa diakses kapan pun saat dibutuhkan,” ungkap Irsan.

Reporter : Rizal Oloan Nasution

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Rutan Kelas I Ikuti Zoom Virtual Rapat Rencana Kerja Peringatan Hari Pengayoman

mimbarumum.co.id - Dalam rangka menyambut Hari Pengayoman ke-79 yang jatuh pada 19 Agustus mendatang, Rumah Tahanan Negara Kelas I...

Baca Artikel lainya