Senin, Juni 24, 2024

Bacalon Wali Kota Binjai Jalur Independen Berkunjung ke Kantor PWI

Baca Juga

mimbarumum.co.id – Pasangan Bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Binjai untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) periode 2024-2029, H Muhammad Rasyidin S.HI dan Akhyar Siregar, mengunjungi Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Binjai yang beralamat di Jalan Veteran, Kelurahan Tangsi, Kecamatan Binjai Kota, Selasa (21/5/2024) siang.

Kedatangan Pasangan bakal calon yang maju dari jalur perseorangan (independen) ini disambut langsung oleh Ketua PWI Binjai, Arma Delisa Budi, beserta para pengurus dan anggota organisasi profesi ini.

Diakui Ustadz Rasyidin (sapaan akrab H Muhammad Rasyidin S.HI), kedatangannya bersama Akhyar Siregar dan beberapa timnya ke Kantor PWI Kota Binjai dalam rangka silaturahmi dan bertukar pendapat.

“Yang pertama kita ingin silaturahmi serta ingin mengetahui apa yang saat ini menjadi permasalahan di Kota Binjai. Karena saya yakin, dengan profesi yang mereka jalani, tentu banyak mengetahui permasalahan yang ada di Kota Binjai. Sebab menurut saya, masukan dari rekan rekan disini tentu sangat perlu dan kami butuhkan,” ujar Ustadz Rasyidin.

Disinggung apa yang menjadi program dalam pencalonan dirinya maju sebagai bakal calon Walikota Binjai, pria yang tampak familiar ini pun menceritakannya.

“Kita akan menghapus BPJS. Namun bukan dalam artian merugikan masyarakat yang kurang mampu yang ingin berobat. Namun dalam hal ini cukup dengan membawa KTP saja sudah bisa berobat. Sedangkan untuk dananya ditanggung oleh Pemerintah,” bebernya.

Sementara itu, Ketua PWI Binjai, Arma Delisa Budi, menyambut baik kedatangan pasangan bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Binjai ini. Ia pun berharap kepada Ustadz Rasyidin dan Akhyar Siregar agar kedepannya bisa membuat diskusi.

“Kalau bersedia, kedepan kita akan buat diskusi terkait persoalan di Binjai. Selagi itu kebaikan untuk Kota Binjai, pasti kita dukung,” ujar Arma Delisa Budi, sembari mengatakan bahwa usaha tidak mengkhianati hasil.

Diketahui, tahapan Pendaftaran dan penerimaan berkas dukungan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk Bakal pasangan calon perseorangan (independen) yang dimulai sejak tanggal 8-12 Mei 2024, sudah berakhir.

Di Kota Binjai, pada menit terakhir masa pendaftaran ditutup sebelum pukul 23.59 Wib, KPU Kota Binjai hanya menerima satu berkas pendaftaran dukungan bakal calon perseorangan, yaitu H.Muhammad Rasyidin.S.HI yang berpasangan dengan Akhyar Siregar.

Pasangan bakal calon perseorangan Walikota dan Wakil Walikota Binjai tampak hadir di KPU Binjai yang beralamat di Jalan Jend. Gatot Subroto, Kelurahan Limau Mungkur, Kecamatan Binjai Barat pada Minggu (12/5) malam, sekira pukul 23.42 Wib.

Didampingi oleh sejumlah tim sukses, Paslon perseorangan ini diterima langsung oleh Ketua KPU Binjai Anton Indratno dan seluruh Komisioner lainnya, serta disaksikan oleh Ketua Bawaslu Kota Binjai.

Berdasarkan aturan yang ada, pasangan bakal calon perseorangan untuk Pilkada Binjai harus menyerahkan sedikitnya 21.587 dukungan warga yang harus di input kedalam aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON).

Namun, penginputan data ke SILON yang merupakan aplikasi yang digunakan oleh tiap satuan kerja di lingkungan KPU guna memudahkan dalam proses pencalonan mengalami kendala, sehingga KPU Kota Binjai belum bisa memutuskan apakah pendaftaran tersebut bisa diterima atau sebaliknya.

Sebab hingga Senin (13/5) dinihari sekira pukul 02.00 Wib, KPU Kota Binjai belum bisa memberikan kepada bakal calon perseorangan yang mendaftar. Hal itu dikarenakan sebagian dukungan warga belum bisa di Submit melalui aplikasi SILON.

Guna menindaklanjuti hal itu, awak media pun melakukan konfirmasi kepada Ketua KPU Binjai, Anton Indratno.

“Benar, tadi malam ada Paslon dari jalur perseorangan, yaitu H.Muhammad Rasyidin.S.HI dengan Akhyar Siregar, mendaftar ke KPU Binjai,” ungkap Anton, Senin (13/5) siang.

Anton juga mengakui ada kendala di aplikasi SILON pada saat akan memasukkan data dukungan.

“Memang tadi malam ada kendala, namun ada waktu untuk perbaikan selama 3 x 24 jam. Begitupun data dukungan Paslon tersebut sebagian memang bisa di Submit. Dengan adanya masa perbaikan itu, tinggal LO Paslon tersebut yang bertugas untuk mem-submitnya,” beber Anton.

Disoal berapa data dukungan yang harus disiapkan untuk calon perseorangan pada Pilkada Binjai 2024, Anton pun menjelaskan jika jumlahnya 10 persen dari jumlah DPT di Kota Binjai.

“Dukungan yang diserahkan mereka sebanyak 22.010 dari 21.587 yang dibutuhkan. Artinya jumlah itu sudah mencukupi,” beber Anton diakhir ucapannya.

Reporter : Burhan S

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Warga Tidak Menyoal Dolly Pasaribu Mencalon Lewat Jalur Manapun di Pilkada Tapsel 2024

mimbarumum.co.id - Rasa simpati warga masyarakat Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) agar Dolly Pasaribu untuk kembali mencalon kepala daerah di...

Baca Artikel lainya