Tahun 2023, Capaian Kinerja Pemkab Simalungun Meningkat

Berita Terkait

- Advertisement -

mimbarumum.co.id – Dua tahun delapan bulan sejak dilantik memangku amanah sebagai Bupati Kabupaten Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga , tepatnya 21 April 2021 ,  namun sosok mantan pengusaha ini , telah mampu merubah ” wajah ” Kabupaten Simalungun. 

 

Kurun waktu 2 tahun 8 bulan itupun  masih terimbas dengan suasana Covid 19 selama setahun. Ujar Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga namun Pemerintahan harus tetap berjalan , Ujarnya lagi ,  dihadapan sejumlah jurnalis Unit Pemkab Simalungun saat Press Confrence tentang  flash back Capaian Kinerja Bupati bersama sejumlah OPD selama Tahun 2023 , di Hotel.Sapadia Pematangsiantar Jumat sore (29/12/2023)

 

- Advertisement -

Mengawali tugasnya, selain melakukan koordinasi dengan sejumlah OPD  dan membenahi administrasi serta  melakukan  kunjungan ke masyarakat . ” Kalau dipikir Kabupaten Simalungun  dengan luas 4 342 Km mustahil dapat dilaksanakan apa lagi wilayahnya cukup luas ” terang Radiapoh.sembari menyatakan  ” dengan waktu jam kerja 1 tahun 8 bulan , sama kita ketahui seperti apa  kemampuan seorang Kepala Daerah ” Jadi bukan Bupatinya yang ” Superman ”  tetapi seluruh pimpinan OPD dan semangat “marsaoron bolon” masyarakat serta dukungan publikasi Media melalui inisan pers yang menghantarkan Kabupaten Simalungun meraih peningkatan capaian kinerja  disemua satuan unit kerja  tahun 2023 ini.

 

Dijelaskannya, kurun waktu 1 tahun 8 bulan pemerintahannya,  50 persen waktunya hanya untuk membangun komunikasi dengan pemerintah atasan termasuk dengan Kementerian dan Dirjen untuk dapat membangun Kabupaten Simalungun. ” Karena itu kepada insan pers saya mohon maaf , jika secara fisik saya tidak bisa intens ketemu langsung  untuk wawancara maupun  silaturahmi ,ujar Radiapoh Hasiholan Sinaga.

 

Menurut orang nomor satu di Simalungun itu ,  ianya membuka ” gerbang ” bagi semua pimpinan OPD untuk melakukan kordinasi  ditingkat Provinsi Sumut dan melobby  tingkat pusat.di Kementerian Pendidikan.dan lainnya .  Sehingga pimpinan   OPD tidak ada lagi  yang tidak kenal dengan pejabat di Kementerian . ” Saya sudah buka gerbangnya merekalah yang masuk meminta program yang akan disandingkan  di Kabupaten Simalungun. Ini , ungkap Bupati.

 

Dampaknya ,  diluar APBD Kabupaten Simalungun memperoleh anggaran 62 miliyard tahun 2022. Dan tahun 2023  juga memperoleh anggaran untuk pembangunan infrastruktur sebesar 349 miliyard termasuk dengan proyek multiyes dari Provinsi . Dan Kabupaten Simalungun yang mendapat terbanyak. “Walaupun secara kumulatif bila dihitung dengan panjang jalan justru kita yang kecil, kemudian di tahun 2024 akan  mendapatkan alokasi 194 milyar, , sebut Radiapoh Hasiholan Sinaga. sembari menjelaskan dengan DAK (Dana Alokasi Khusus)  Simalungun  mendapatkan anggaran yang lebih tinggi dari seluruh Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Sumatera Utara.

Pencapaian-kinerja yang diraih Kabupaten Simalungun menjadi perhatian Kementerian atau Pemerintah Pusat.  ” Kalau sebelumnya kita datang yang menerima untuk menjamu  hanya setingkat staf . Tapi beda dengan sekarang  , kalau dari Simalungun yang datang minimal Deputy atau Direktur nya yang menerima , ujarnya lagi.sembari menjelaskan hal itu dikarenakan, sudah kita arahkan.

Dan  langsung saya telepon pak menteri nya Pak Amran Sulaiman terkait irigasi di Kabupaten Simalungun tetapi kita bawa data yang  konkrit ternyata  , menteri tertarik dengan data-data kita, langsung disuruh direkturnya  untuk menyeimbangi kecepatan-kecepatan kita yang ada daerah irigasi, pungkas

Hal-seperti inilah untuk memberikan  bagaimana agar Pemerintah Pusat ada perhatiannya di Kabupaten Simalungun.

Bupati Simalungun sangat apresiasi dengan kebersamaan antara pemerintah daerah dengan masyarakat  dan pers. Ternyata  kebersamaan ini luar biasa , ” kita mendapat rekor Muri di 100 hari pemerintahan kinerja Pemkab Simalungun, itu yang mereka minta . Dan ternyata Kabupaten Simalungun sudah berubah, kalau dilihat grafik-grafik Pemerintahan pusat dengan bantuan keuangan ke Sumatera Utara khususnya, ternyata Simalungun di 2 tahun terakhir ini mendapat perhatian khusus termasuk penanganan jalan mulai dari sosor pantai,. Ungkap Bupati seraya mengatakan , kalau dulu jalan ini tidak pernah tersentuh aspal, sekarang  mulai dari Bage sampai Tigaras  sudah mulus, sudah nyaman untuk dilewati mobil.mewah , pungkas Radiapoh.lagi.

 

Kedepan masih  banyak PR , untuk membangun dan mengaungkan “tano hatubuan”  ( tanah kelahiran)  Dan saya melihat peluang  itu ada, sumber daya alam cukup.Ujar Bupati.  Di tahun 2023 kita  mendapatkan tambahan dari PAD  11 milyar, tapi bukan dengan menaikan tarif NJOP hanya ,  menyesuaikan dan menselaraskan data-data yang ada., Dan kalau dinaikan tarif NJOP 5 persen saja, akan dapat menambah PAD Simalungun. Tapi itu masih memerlukan berbagai pertimbangan, ujar Radiapoh Sinaga.

 

Kebeberhasilan terbaik Pemkab Simalungun disektor pelayanan publik dan capaian ini mengalami kenaikan yang signifikan  dibanding tahun 2019 .”. Karena begitu saya memangku amanah sebagai Bupati  yang pertama saya lakukan adalah menata administrasi. Bahkan untuk sektor pelayanan publik ini , ada 50 kali diadakan rapat internal ” Dan pelayanan publik khususnya dibidang pelayanan KTP  Karena masalah identitas kependudukan ini yang sering dikeluhkan masyarakat , selain jarak tempuh yang cukup jauh dari Kecamatan ke ibukota Pematang Raya .Bahkan untuk urusan KTP ini belum tentu selesai sehari, bisa bisa 2 atau 3 hari. Itupun tidak gratis.

” Keluhan masyakat ini yang selalu disampaikan  ketika saya berkunjung ke berbagai Kecamatan, ” Ujar Bupati. Saat ini , masalah itu sudah dapat diatasi setelah diadakan alat perekam untuk data kependudukan  di 20 Kecamatan dan gratis ,  kata orang nomor satu di Pemkab Simalungun. itu.. Namun  tak satupun masyarakat yang mengucapkan terima kasih, canda Bupati.   ” Tapi bagi saya dampak positif atas kinerja Pemkab Simalungun sudah dirasakan masyarakat ” itu sudah cukup , kata Radiapoh Sinaga.

Dia bersyukur kepada  Tuhan mendapatkan amanah menjadi pemimpin di Kabupaten Simalungun ternyata tidak begitu sulit, hanya  masalah kemauan saja. Dengan anggaran   2,2 milyar seluas Simalungun dengan penduduk 1.082.000 sudah terselesaikan.

 

Menyinggung masalah Kantor Camat di Perdaganan telah dibangun dengan gaya artistic dengan halaman yang luas. Dan di Kantor Kecamatan Perdagangan ada ruangan kerja saya, sesekali saya berkantor disana, guna menjawab kebutuhan masyarakat disana , ujar Bupati.

Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga secara gamblang menyatakan kalau Kabupaten sulit  berkembang mengingat luasnya  dan jarak Kecamatan kecamatannya  cukup jauh dari pusat Pemerintahannya di Pematang Raya.

 

Hanya satu solusinya Kabupaten Simalungun harus dimekarkan. ” Dan saya sudah ke Senayan di  Komisi dua DPR RI menemui pak Doly guna  membahas Ampres ( Amanat Presiden) tentang pemekaran Kabupaten Simalunhun.. ujar Bupati  sembari menjelaskan , Kabupaten Simalungun telah  prioritas utama untuk  pemekarannya. Tapi mengingat tahun 2024  Pemilu , masalah pemekaran diundur hinhga tahun 2025.

 

Bupati mengapresiasi kemitraan dengan  pers yang selalu mendukung berbagai program Pemkab Simalungun. Dia mengharapkan hubungan kemitraan ini agar terus berlanjut.

” Karena tugas kita masih panjang, sekarang skhir Desember 2023 hingga 2029 ” eh salah ujar Bupati , spontan  disambut sorak riuh para wartawan sembari mengatakan , Lanjutkan pak celoteh para Jurnalis.

 

Tahun Baru 2024 , Rsdiapoh Hasiholan Sinaga mengajak insan pers untuk meningkatkan kerja sama dan sama sama bekerja dengan penuh rasa  optimisme, den semangat kebersamaan,   toleransi, gotong royongan, tutup Bupati.

Sebelumnya Kadis Kominfo Andre Rahadian memaparkan berbagai keberhasilan kinerja yang dicapai seluruh Satuan Unit kerja Pemkab Simalungun yang ditandai dengan beberapa penghargaan dari Provinsi Sumut dan Pusat.

 

Reporter : Ermawi Parinduri.

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Berita Pilihan

Komisioner KPU Diduga Lecehkan Etnis Simalungun, Polres Terima Somasi dari Gerakan Demban Martabas

mimbarumum.co.id - Polres Simalungun menerima somasi dari Gerakan Demi Bangsa dan Martabat Simalungun (Gerakan Demban Martabas) dengan penuh kehati-hatian...