Soal Penetapan Sekdaprovsu, Akademisi : Gubsu Harus Proaktif

Berita Terkait

- Advertisement -

mimbarumum.co.id – Pakar pemerintahan Sumatera Utara, Dr Arifin Saleh Siregar, meminta pemerintah pusat segera memberi kepastian terkait Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu).

“Jika usulan Sekda tersebut masih ada masalah, kasih tahu apa masalahnya. Jika sudah tidak ada persoalan, dalam artian semua prosedur sudah diikuti dan berbagai ketentuan sudah dijalankan, maka pemerintah pusat harus segera
memutuskan dan menetapkan Sekda Sumut,” ungkap Arifin, juga Dekan Fisip Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), menjawab MimbarUmum, Kamis (12/5/2022).

Kata dia, Pemerintah Pusat jangan menunda-nunda lagi. Apalagi usulan 3 nama calon Sekda Sumut sudah lama diajukan ke pusat.

Di sisi lain, Gubsu Edi Rahmayadi juga harus lebih proaktif menanyakan usulannya terkait posisi Sekda. Jangan hanya menunggu dan menunggu.

- Advertisement -

KINERJA TERGANGGU

Dampak dari ketidakadaan Sekda defenitif tentu banyak, kata Arifin. Termasuk salah satunya berpengaruh terhadap jalannya pemerintahan dan kegiatan birokrasi lainnya. Kinerja Pemprovsu juga bisa terganggu karena belum adanya Sekda defenitif.

“Yang tak kalah penting tentu wibawa pemerintah. Karena kalau berlama-lama tidak ada, bisa mengganggu citra pemerintah dan berpengaruh terhadap wibawa,” ujarnya.

JANGAN INTERVENSI

Menyinggung apakah ada intervensi dari pemerintah pusat seandainya atau titipan pemerintah pusat, Arifin Saleh mengaku kalau soal ini tak bisa menduga-duga.

Yang pasti dan perlu adalah, Gubsu Edy Rahmayadi harus terus membangun dan meningkatkan komunikasinya dengan pemerintah pusat.

“Lewat komunikasi, semua masalah akan selesai dan solusinya akan diperoleh,” paparnya.

Alumnus S3 USU ini meminta agar pemerintah pusat tak melakukan intervensi atau titipan nama calon Sekda, karena itu bertentangan dengan norma-norma hukum dan aturan yang berlaku jika terbukti.

TIGA NAMA

Seperti diketahui ada tiga nama calon Sekda hasil seleksi panitia dan juga verifikasi KASN, yakni, Dr Hasmirizal Lubis (Assisten Umum dan Plt Kepala Bappeda Provsu), Agus Tripriyono (Staf Ahli Gubsu bidang Ekonomi, Keuangan,
Pembangunan, Aset dan SDA), dan Ir Arief Sudarto Trinugroho MT (Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdaprovsu).

Gubernur Edy Rahmayadi telah mengirim tiga nama calon tersebut ke Kementerian Dalam Negeri pada awal Februari 2022 lalu.

Ketiga calon nama yang telah dikirim itu sebelumnya telah ditetapkan Tim Seleksi (Timsel) Pengisian Jabatan Sekdaprov Sumut melalui rangkaian hasil seleksi. Tiga calon nama yang dikirim akan dipilih oleh tim penilai akhir (TPA) yang diketuai Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

Reporter : M Nasir

(Liputan ini dengan judul “Akademisi: Segera Tetapkan Sekdaprovsu” sudah dimuat di Koran MimbarUmum edisi Jumat 13 Mei 2022 – red)

 

 

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Berita Pilihan

Polda Sumut Kerahkan 2000 lebih Personel, Pengamanan Closing Ceremony PON XXI 2024 Berjalan Lancar

mimbarumum.co.id - Penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh - Sumut berlangsung meriah sukses dan aman di Stadion Utama...