mimbarumum.co.id – Meningkatkan pelayanan di RSUD Hadrianus Sinaga Pangururan, Bupati Samosir mengungkapkan manajemen perlu menyiapkan layanan hotline.
“Saya menyarankan agar pihak rumah sakit menyiapkan layanan hotline,” sebut Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom seusai melakukan sidak di rumah sakit plat merah itu, Selasa (8/6/2021).
Kepala daerah itu mengatakan, pelayanan bertujuan menampung keluhan masyarakat. “Sehingga kebutuhan pasien bisa di respon dengan cepat,” ujarnya.
Selain itu, Bupati Vandiko meminta seluruh dokter dan perawat untuk tetap stand by sesuai standar pelayanan. “Harus bisa melayani dengan sepenuh hati dan rasa tanggungjawab,” pungkasnya.
Inspeksi mendadak Bupati Vandiko ini, untuk memastikan seluruh pelayanan yang ada pada setiap unit di rumah sakit berjalan dengan baik. Yakni sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).
Begitu sampai di rumah sakit, dia langsung menuju pelayanan publik yang ada di IGD. Dia menanyakan kepada petugas mengenai prosedur pelayanan dan rujukan.
Kemudian mengecek kehadiran tenaga medis. Termasuk membutuhkan jumlah dokter spesialis rumah sakit saat ini.
“Kita ingin melihat langsung pelayanan yang dilakukan rumah sakit terhadap masyarakat, termasuk kesiapan tenaga medis dan non medis,” imbuh dia lagi.
Kepada seluruh tenaga medis, Vandiko meminta agar selalu memberikan pelayanan prima. “Apalagi daerah kita merupakan destinasi wisata, yang menjadi salah satu objek tujuan wisatawan,” bebernya.
Ia juga meminta kepada petugas pelayanan agar tidak menolak pasien yang datang ke rumah sakit, walau bukan berdomisili di Samosir.
“Saya minta kepada petugas, jika ada pasien yang datang harus mendahulukan keluhan dan pelayanan harus dilakukan dengan sepenuh hati,” pungkasnya.
Sekira 1 jam lebih di RSUD Hadrianus Sinaga Pangururan, Bupati Vandiko juga meninjau ketersediaan obat dan ruangan isolasi Covid-19.
Editor : Siti Murni