OJK Sosialisasi Waspada Investasi Ilegal

Berita Terkait

- Advertisement -

mimbarumum.co.id – OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Sumatera Utara sosialisasi waspada investasi ilegal yang tengah marak saat ini.

Sosialisasi yang dihadiri oleh masyarakat, sejumlah instansi, para pengusaha, dan rekan media itu digelar di Cambridge Hotel, pada Kamis (5/9/2019).

Kepala OJK Regional 5 Sumbagut, Yusuf Ansori mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi waspada investasi ilegal digelar karena sebagaimana diketahui tingkat kesadaran dan kemampuan masyarakat dalam rangka investasi semakin meningkat.

Namun demikian peningkatan tingkat kesadaran dan kemampuan investasi tersebut tidak diimbangi dengan tingkat literasi dibidang keuangan serta kemampuan teknologi.

- Advertisement -

Baca Juga : Buat Nasabah Resah, OJK Segera Panggil Bank Mandiri

Hal ini dikatakannya menyebabkan masyarakat menjadi rentan untuk dijadikan objek penipuan. Kondisi inilah yang sering dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Mulai dengan menawarkan jasa atau produk keuangan atau jenis investasi yang menjanjikan keuntungan yang tinggi.

Lanjutnya, tidak jarang pula praktek investasi tersebut juga dimanfaatkan atau juga memanfaatkan figur yang cukup dikenal masyarakat dengan menggunakan ragam media.

Oleh karena itulah pihaknya perlu melakukan pencegahan dan penanganan yang efektif untuk setiap dugaan tindak pidana di bidang penghimpunan dana masyarakat dan pengelolaan investasi sehingga tidak menimbulkan korban dan materi yang lebih banyak lagi.

“Perlu kerjasama antara masyarakat dan instansi yang berwenang untuk mencegah hal serupa terus muncul. Sehingga apa yang dilakukan hari ini merupakan upaya pencegahan tindakan pidana melawan hukum menggunakan dana masyarakat dan pengelolaan investasi. Sehingga Kedepan masyarakat Sumut lebih cerdas dalam memilih produk investasi yang benar, bukan hanya tergiur dengan riba hasil yang ditawarkan tetapi harus jelas kelegalan perusahaan nya,” paparnya lagi.

Dalam sosialisasi ini, dihadirkan pihak-pihak berkompeten yang memberikan penjelasan terkait investasi ilegal dan ciri-ciri investasi ilegal. (ml)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Berita Pilihan

Layanan Khusus Tri bagi Pecinta E-Sport di PON XXI Aceh-Sumut

mimbarumum.co.id  – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), melalui brand Tri, melanjutkan komitmennya mendukung E-sport tanah air dengan turut...